RI Perkuat Kerja Sama dengan Universitas Ghent - Kompas.com

RI Perkuat Kerja Sama dengan Universitas Ghent

Kompas.com - 20/04/2017, 18:15 WIB
KBRI Brussels Duta besar RI untuk Belgia Yuri Thamrin sedang berbincang dengan rektor Universitas Ghent, Anne De Pape.

BRUSSELS, KOMPAS.com - Salah satu perguruan tinggi ternama di Belgia, Universitas Ghent sepakat untuk meningkatkan kerja sama dengan Indonesia.

Demikian disampaikan rektor Universitas Ghent Anne De Pape dalam pertemuannya dengan Duta Besar RI untuk Belgia, Yuri Thamrin di Ghent, Rabu (19/4/2017).

Pertemuan Dubes Yuri Thamrin dan rektor Universitas Ghent dilakukan dalam rangka mengevaluasi kerja sama perguruan tinggi itu dengan lembaga-lembaga pendidikan tinggi di Indonesia.

Selain itu, kedua pihak juga membahas berbagai potensi kerja sama lainnya di masa yang akan datang.

Duta Besar RI menyampaikan, Universitas Ghent merupakan salah satu perguruan tinggi Belgia yang menjadi favorit bagi calon mahasiswa Indonesia.

Para mahasiswa Indonesia yang biasanya mengincar Universitas Ghent adalah mereka yang akan melanjutkan program doktoral dan magister.

Universitas yang sudah berdiri sejak 1817 itu memiliki sejumlah jurusan unggulan seperti teknik, bio-egineering, kedokteran, dan pertanian.

Dubes Yuri Thamrin juga menyampaikan apresiasi pemerintah Indonesia atas kerja sama yang sudah dijalin selama ini.

Sebagai langkah ke depan, Yuri mendorong Universitas Ghent untuk meningkatkan profilnya di kalangan mahasiswa di Indonesia, agar dapat menjadi alternatif tujuan pendidikan tinggi mulai tingkat sarjana hingga doktoral.

Selain itu, Yuri berharap agar civitas academica Universitas Ghent dapat semakin mengenal Indonesia.

Yuri menambahkan, Festival Europalia Indonesia 2017, merupakan pagelaran seni budaya terbesar di Eropa akan berlangsung di Belgia dan di beberapa negara Eropa lainnya mulai Oktober 2017 hingga Januari 2018.

Festival itu, lanjut Yuri, dapat menjadi kesempatan yang baik bagi para mahasiswa Universitas Ghent untuk mengenal lebih baik Indonesia.

Apalagi, sejumlah pagelaran seni budaya tersebut juga akan berlangsung di Ghent, sehingga Yuri juga berharap rektor Universitas Ghent dapat membantu mempromosikan festival itu.

Satu hal lagi yang disampaikan Dubes Yuri adalah usulan untuk membentuk asosiasi yang mewadahi alumni Universitas Ghent asal Indonesia.

Saat ini terdapat 113 mahasiswa Indonesia di Belgia, sebanyak 43 orang menempuh studi di Universitas Ghent.

Berdasarkan berbagai sistem ranking universitas dunia, Universitas Ghent selalu menempati posisi 100 universitas terbaik di dunia. 

EditorErvan Hardoko
Komentar

Close Ads X