Tantowi Yahya Resmi Menjadi Dubes Indonesia di Selandia Baru - Kompas.com

Tantowi Yahya Resmi Menjadi Dubes Indonesia di Selandia Baru

Kompas.com - 20/04/2017, 17:02 WIB
Dok. Tantowi Yahya Dubes RI untuk Selandia Baru Tantowi Yahya berbincang dengan Gubernur Jenderal Dame Patsy Reddy usai menyerahkan surat kepercayaan dari Presiden Joko Widodo di Government House, Wellington, Rabu (19/4/2017).

WELLINGTON, KOMPAS.com - Pada Rabu (19/4/2017), politisi Golkar Tantowi Yahya menyerahkan surat kepercayaan dari Presiden Joko Widodo kepada Dame Patsy Reddy, Gubernur Jenderal Selandia Baru di Government House, Wellington.

Sebelum menyerahkan surat itu, setibanya di Government House, Tantowi disambut upacara kehormatan berupa tarian khas Maori disambung dengan melakukan inspeksi pasukan kehormatan.

Setelah prosesi penyambutan itu,  bersama isterinya Dewi Yahya, Tantowi diantar menemui Gubernur Jenderal Selandia Baru sudah menanti di Blundell Room bersama dengan suami, David Gascoine dengan beberapa menteri dan pejabat setempat.

Dalam pidatonya di hadapan jajaran pemerintah Selandia Baru, Tantowi menyampaikan salam hangat sekaligus harapan Presiden Joko Widodo untuk hubungan bilateral yang lebih baik antara kedua negara.

Dalam pidato balasannya, Gubernur Jenderal Dame Patsy Reddy menegaskan, pentingnya Indonesia sebagai mitra bilateral dan regional bagi Selandia Baru.

Tahun lalu Indonesia adalah mitra dagang terbesar ke-13 di dunia dan kedua di Asia Tenggara bagi Selandia Baru.

Angka perdagangan Selandia Baru-Indonesia baru mencapai 1.4 miliar dolar AS atau sekitar Rp 18,6 triliun per tahun.

Jumlah ini terbilang kecil jika dibanding nilai perdagangan Negeri Kiwi itu ke seluruh dunia yang mencapai 64 miliar dolar AS.

Sementara itu di sektor pariwisata, sekitar 40.000 warga Selandia Baru berkunjung ke Indonesia sementara baru 16.000 orang Indonesia saja yang berwisata ke negeri tetangga Australia itu.

Salah satu program Selandia Baru yang cukup signifikan ke Indonesia adalah New Zealand Aid. Program Selandia Baru ini menjadi yang paling besar di luar wilayah Pasifik.

Di sektor pendidikan, sedikitnya 1.000 pelajar Indonesia menuntut ilmu di Selandia Baru dan kedua negara sepakat semua kerja sama ini akan ditingkatkan di masa datang.

Gubernur Jenderal Dame Patsy Reddy yang baru menjabat selama 6 bulan ini berlatar belakang bisnis, hukum dan pemerhati seni khususnya film.

Dame Patsy pernah menjabat sebagai Ketua Komisi Perfilman Selandia Baru.

Sehingga, Tantowi mengharapkan kerjasama intensif kedua negara dalam bidang perfilman dan industri kreatif.

Penyerahan surat-surat kepercayaan ini menandai dimulainya secara resmi tugas Tantowi Yahya sebagai Duta Besar Luar Biasa dan Berkuasa Penuh RI untuk Selandia Baru.

Pada 2018 hubungan Indonesia dan Selandia Baru akan memasuki usia 60 tahun, saat yang tepat untuk merefleksi hubungan kedua negara yang akan terus diperdalam dan diperkuat.

EditorErvan Hardoko
Komentar

Close Ads X
Close [X]
Radio Live Streaming
Sonora FM • Motion FM • Smart FM