Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gunung Es Setinggi 46 Meter Jadi Daya Tarik Turis

Kompas.com - 20/04/2017, 10:44 WIB

OTTAWA, KOMPAS.com - Sebuah gunung es yang ukurannya lebih tinggi dari yang menenggelamkan Titanic melintas di sebuah kota kecil di Provinsi Newfoundland dan menarik banyak wisatawan.

Gunung es yang kandas di laut yang dangkal dekat kota kecil Ferryland itu, diperkirakan memiliki ketinggian 46 meter.

"Ini adalah yang terbesar yang pernah terlihat di sekitar kota ini. Gunung es ini begitu besar da jaraknya begitu dekat sehingga warga bisa berfoto dengannya," kata waili kota Ferryland, Adrian Kavanagh.

Gunung es itu memang sempat bergerak sedikit dan pecah beberapa kali, tetapi nampaknya tak akan bergerak jauh dalam beberapa hari ke depan.

Baca: Hari Ini dalam Sejarah: Titanic Tenggelam dalam Pelayaran Perdana

"Gunung es itu tak akan bergerak kecuali ada angin yang cukup kencang, sebab saat ini gunung es itu terjebak di laut dangkal," ujar warga kota, Don Costello.

Balok-balok es dalam jumlah besar setiap tahun hanyut ke perairan itu setiap tahun, tetapi kali ini pemandangannya sungguh istimewa.

"Biasanya hal semacam ini belum muncul hingga akhir Mei atau Juni. Jadi jumlah gunung es dalam jumlah cukup besar saat ini sungguh istimewa," kata Rebecca Acton Bond, petgas pengawas gunung es di pasukan penjaga pantai Kanada.

Gunung es yang menenggelamkan Titanic pada 1912 diyakini memiliki tinggi sekitar 30 meter dan berasal dari sebuah gletser di Greenland.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Telegraph
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com