Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Untuk Kedua Kalinya, "Kompas" Rebut Desain Koran Terbaik Asia

Kompas.com - 19/04/2017, 23:32 WIB
Amir Sodikin

Penulis

KUALA LUMPUR, KOMPAS.com - Di ajang Asian Media Award 2017 WAN-IFRA, harian Kompas kembali menerima penghargaan desain terbaik untuk kategori desain terbaik (Best in Design) subkategori desain halaman satu koran (Best Newspaper Front Page Design). 

Kali ini, Kompas mendapatkan perunggu (bronze). Harian Kompas menjadi satu-satunya media massa di Indonesia yang menerima penghargaan di kategori desain terbaik (Best in Design) di tingkat Asia tersebut. Ratusan koran dan majalah telah mengirimkan karya mereka ke WAN-IFRA. 

Asian Media Awards 2017 ke-16 merupakan ajang perebutan penghargaan prestius di industri media Asia. Acara digelar oleh WAN-IFRA, sebuah asosiasi media massa dan penerbitan global yang kini beranggotakan lebih dari 18.000 penerbitan, 15.000 situs daring, dan sekitar 3.000 perusahaan di lebih dari 120 negara.

Penganugerahan gelar desain terbaik ini disaksikan oleh Perdana Menteri Malaysia, Najib Tun Razak, di Kuala Lumpur, Malaysia, Rabu (19/4/2017). Penyerahan penghargaan ini bertepatan dengan acara Publish Asia yang juga digelar WAN-IFRA. 

Redaktur Pelaksana harian Kompas, Mohammad Bakir, menerima penghargaan tersebut yang disampaikan oleh Chief Executive Officer (CEO) New Straits Times Press (Malaysia) Berhad (NSTP) Datuk Abdul Jalil Hamid.

KOMPAS/AMIR SODIKIN Untuk kedua kalinya di ajang penghargaan paling bergengsi industri media Asia, Asian Media Awards ke-16 tahun 2017, harian Kompas kembali mendapatkan penghargaan di kategori desain terbaik (Best in Design). Kali ini, Kompas menyabet panghargaan perunggu (bronze) untuk subkategori desain halaman satu koran (Best Newspaper Front Page Design), di Kuala Lumpur, Rabu (19/4/2017).
Penghargaan desain halaman satu tersebut untuk headline berjudul "Bangkit Bersama Lawan Terorisme". Bakir mengatakan, produk tersebut merupakan headline berita edisi 15 Januari 2016, terkait pemberitaan teror bom Sarinah, Jakarta.

Untuk penghargaan perak, diterima oleh Bangkok Post, dan emas diterima oleh The Straits Times/The Sunday Times.

Dewan Juri terdiri dari belasan orang yang berkompeten di bidangnya, di antaranya ada Juan Velasco, Pendiri 5W Infographics LLC Amerika Serikat; Hans Peter Janisch, Konsultan Desain; dan Juan Señor dari Innovation International Media Consulting Group di Inggris.

Emas di tahun 2010
Di ajang yang sama di tahun 2010, untuk kategori desain terbaik, Kompas pernah mendapatkan emas untuk kategori desain terbaik halaman satu. Headline "Selamat Jalan, Gus..." saat itu memberitakan wafatnya Gus Dur.

Selain kategori desain terbaik, di Asian Media Awards, Kompas sudah berkali-kali mendapat penghargaan di kategori lain. Bahkan, pada tahun 2012, Kompas pernah memborong semua penghargaan emas, perak, dan perunggu untuk kategori Best in Photojournalism subkategori olahraga. Plus, di tahun ini mendapat perunggu untuk Best in Community Award.

Di tahun 2013, Kompas kembali mendapatkan emas untuk kategori Best in Photojournalism, subkategori olahraga. Di tahun 2014, Kompas mendapatkan perunggu untuk kategori Best in Photojournalism subkategori fotografi berita. 


Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com