Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ribuan Tahanan Palestina di Israel Lakukan Aksi Mogok Makan

Kompas.com - 17/04/2017, 15:30 WIB

RAMALLAH, KOMPAS.com – Ribuan warga Palestina yang berada di dalam tahanan atau penjara di Israel melakukan aksi mogok makan pada Senin (17/4/2017).

Aksi tersebut dilakukan setelah ada seruan dari Marwan Barghouti, seorang pemimpin dan tahanan Palestina paling berpengaruh, yang juga sangat didukung rakyat Palestina.

Issa Qaraqe, seorang pejabat yang berurusan dengan lembaga pemyasarakatan Otoritas Palestina mengatakan, "sekitar 1.300 tahanan Palestina" mengambil bagian dalam aksi mogok makan.

Namun, seperti dilaporkan Agence France-Presse, jumlah peserta tersebut masih mungkin akan bertambah. Ada yang melaporkan bahwa peserta bisa lebih dari 1.300 orang tahanan.

Sedangan menurut organisasi pegiat kemanusiaan Klub Tahanan Palestina (PPC) menyebutkan, mereka yang akan terlibat dalam aksi itu sekitar 1.500 orang.

Juru bicara lembaga pemasyarakatan atau penjara Israel, Assaf Librati, mengatakan, 700 tahanan telah mulai melakukan mengumumkan aksinya sejak Minggu (16/4/2017).

Aksi mogok makan terbesar dalam beberapa tahun terakhir itu dipimpin oleh salah satu pemimpin berpengaruh Fatah, yakni Marwan Barghouti.

Barghouti saat ini berada dalam tahanan Israel atas tuduhan bahwa ia terlibat dalam kekerasan perlawanan atau intifada kedua Palestina terhadap Israel.

Intifada adalah gerakan untuk merebut kembali tanah Palestina dari Israel,  aksi yang didorong oleh rasa tertindas dan kehilangan yang dirasakan oleh para penduduk Palestina.

Barghouti sebenarnya dipandang oleh beberapa pihak sebagai pengganti potensial Presiden Palestina Mahmoud Abbas.  

Pengumuman awal pada Minggu malam menyebutkan, 700 tahanan akan melakukan aksi mogok makan pada gelombang pertama.

Aksi protes yang diikuti anggota Hamas dan Jihad Islam. Aksi mogok makan itu diserukan oleh Barghouti dalam kaitan dengan Hari Tahanan Palestina, yang dirayakan setiap tahun.

Pada saat ini setidaknya ada sekitar 6.500 warga Palestina yang berada dalam tahanan-tahanan di Israel.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com