Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ditemukan 13 Pelanggaran Kesehatan di Klub Mewah Milik Trump

Kompas.com - 14/04/2017, 10:15 WIB

MIAMI, KOMPAS.com - Para petugas pengawas restoran menemukan setidaknya 13 pelanggaran di dapur Mar-a-Lago, klub eksklusif milik Presiden AS Donald Trump di Florida.

Pelanggaran itu termasuk daging disimpan dalam suhu yang tak tepat, ikan mentah yang tak menjalani proses pemusnahan parasit, dan dua kulkas di dapur yang tak dipelihara sebagaimana mestinya.

Padahal, klub itu membebankan biaya sebesar 200.000 dolar AS atau sekitar Rp 2,6 miliar bagi mereka yang ingin menjadi anggota klub mewah tersebut.

Departemen Bisnis dan Regulasi Profesional Florida yang menegakkan "hukum sanitasi dan keselamatan" memeriksa klub itu pada 26 Januari lalu, dua pekan sebelum PM Jepang Shinzo Abe dijamu di sana.

Saat diperiksa, petugas menemukan ikan yang akan disajikan mentah atau setengah matang tidak menjalani prosedur pemusnahan parasit secara benar.

Di dalam kulkas, petugas pemeriksa menemukan daging yang seharusnya disimpan dalam suhu 5 derajat Celcius, ditaruh dalam kulkas yang suhunya lebih hangat.

Petugas menemukan daging babi disimpan dalam suhu 13 derajat Celcius, daging sapi dan bebek pada suhu 10 derajat Celcius, serta daging ayam pada suhu 9 derajat Celcius.

Pelanggaran lain termasuk tempat cuci tangan karyawan yang kekurangan pasokan air bersih.

Tiga pelanggaran yang ditemukan masuk dalam katagori "prioritas tinggi" artinya pelanggaran itu bisa mengakibatkan makanan yang disajikan menyebarkan penyakit.

Jumlah pelanggaran di Mar-a-Lago ini terus meningkat. Pada 2016 ditemukan 11 pelanggaran sementara pada 2015 hanya dua pelanggaran yang tercatat.

Menurut sejumlah laporan, para teknisi dan staf Mar-a-Lago langsung membenahi semua pelanggaran yang ditemukan dalam pemeriksaan pada 26 Januari itu.

Presiden Trump memiliki Mar-a-Lago sejak 1985 dan menurut harian Miami Herald, tempat itu kerap digunakan Trump untuk kegiatan rutin harian kepresidenan.

Kabar ini muncul di saat pemerintah negara bagian Florida berencana memberlakukan "pajak Trump" terkait mahalnya biaya yang harus ditanggung pemerintah setempat saat Presiden Trump datang ke klub pribadinya itu.

Akibat Presiden Trump yang kerap berkunjung ke Mar-a-Lago, pemerinta Palm Beach County harus mengeluarkan biaya sejauh ini mencapai 2 juta dolar atau sekitar Rp 36 miliar.

Pemerintah setempat memperkirakan rata-rata harus menghabiskan biaya 600.000 dolar atau hampir Rp 8 miliar sehari saat Presiden Trump berada di Palm Beach.

Biaya sebanyak itu sebagian besar digunakan untuk membayar uang lembur para petugas polisi.

Sheriff Palm Beach, Rick Bradshaw mengatakan, saat Presiden Trump menjamu Presiden China Xi Jinping, pemerintah setempat menghabiskan uang 250.000 dolar atau Rp 3,3 miliar untuk biaya pengamanan saja.

Sementara itu, pasukan penjaga pantai (Coast Guard) yang menggunakan kapal-kapal patroli dan helikopter selama 24 jam saat Presiden Trump berada di Mar-a-Lago mengatakan belum mendapatkan tambahan dana untuk menutup biaya operasional yang membengkak.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Telegraph
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com