Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Politisi dan Pejabat Turki Beramai-ramai Pelihara Kumis ala Erdogan

Kompas.com - 13/04/2017, 09:34 WIB

ANKARA, KOMPAS.com - Presiden Turki Recep Tayyip Presiden Erdogan memang menjadi panutan bagi para pendukungnya. Bagi para pria, salah satu yang ditiru dari sang presiden adalah kumis.

Lihat saja, perdana menteri Turki memelihara kumis, menteri kebudayaan setali tiga uang. Bahkan menteri perekonomian yang menteri luar negeri yang tadinya berwajah "mulus" kini memelihara kumis.

Kumis yang tercukur rapi milik Presiden Presiden Erdogan menjadi semacam tren di kalangan menteri dan politisi Partai Keadilan dan Pembangunan (AKP) yang berkuasa.

Sejumlah analis mengatakan, masalah kumis ini bukan kebetulan. Apalagi, kumis dan politik Turki memiliki sejarah yang signifikan.

Apalagi kesetiaan para pejabat tinggi sedang diuji menyusul kudeta militer yang gagal menggulingkan Presiden Presiden Erdogan tahun lalu.

"Belakangan, saat Turki sedang memerangi organisasi teror, dan setelah percobaan kudeta, memelihara kumis memang memberikan citra kuat dan tegas," kata Mesut Sen, profesor studi Turki di Universitas Marmara, Istanbul.

Secara historis, para pria Turki memelihara kumis bukan hanya untuk menonjolkan sisi kejantanan tetapi juga soal afiliasi politik mereka.

Secara tradisional, para politisi berhaluan nasionalis akan memelihara kumis panjang dengan ujung mengarah ke bawah, mirip bulan sabit dalam bendera Turki.

Sementara para politisi sayap kiri memelihara kumis tebal dan rimbun ala pemimpin Uni Soviet, Joseph Stalin.

Sementara Presiden Presiden Erdogan memelihara kumis yang tercukur rapi. Model semacam ini populer di kalangan konservatif dan religius.

Setahun lalu, lebih dari separuh menteri pria di kabinet tak memelihara kumis atau janggut. Kini dari 26 menteri pria di kabinet Turki hanya tiga saja yang mempertahankan wajah "bersih" mereka.

Tren kumis ini nampaknya muncul usai "reshuffle" kabinet tahun lalu yang memicu spekulasi bahwa para menteri mencoba menyenangkan hati Presiden Erdogan dengan memelihara kumis yang mirip dengan milik sang presiden.

Halaman:
Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com