Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Yunani Tuntaskan Penjualan 14 Bandara kepada Swasta Jerman

Kompas.com - 12/04/2017, 17:38 WIB

ATHENA, KOMPAS.com – Yunani mengatakan pihaknya telah merampungkan penjualan 14 bandara regionalnya kepada Fraport, Jerman, sesuai kesepakatan yang telah dilakukan tahun 2015.

Proses itu dilakukan dalam kerangka bailout internasional skala besar untuk mencegah Yunani terpental keluar dari dari zona euro, seperti dilaporkan Agence France-Presse, Rabu (12/4/2017).

“Bailout” dalam istilah ekonomi dan keuangan digunakan untuk menjelaskan situasi di mana sebuah entitas yang bangkrut atau hampir bangkrut diberikan suatu injeksi dana segar yang likuid, dalam rangka untuk memenuhi kewajiban jangka pendeknya.

Proses privatisasi pertama terbesar dalam pemerintahan Perdana Menteri Alexis Tsipras itu terjadi berdasarkan kesepakatan yang dicapai pada akhir 2015.

Kesepatan saat itu adalah pemerintah menjual 14 bandara regional kepada sebuah konsorsium yang terdiri dari Fraport dan Slentel Ltd sebesar 1,2 miliar euro atau sekitar Rp 17 triliun.

Di antara belasan bandara itu terdapat antara lain di Tesalonika dan daerah pusat destinasi wisata seperti di pulau Mykonos, Santorini, dan Corfu.

Kesepakatan tersebut sekarang dirampungkan, yang diteken oleh Menteri Keuangan Euclides Tsakalotos, Menteri Perhubungan Christos Spritzis, dan Pertahanan Panos Kammenos, demikian lembaga privatisasi Yunani dalam pernyataannya, Selasa (11/4/2017) malam.

Menurut ketentuan konsesi, konsorsium Fraport "akan menggunakan, mengoperasikan, dan mengembangkan bandara-bandara tersebut selama 40 tahun."

Para investor diwajibkan untuk meningkatkan bandara dalam empat tahun pertama konsesi dan "menjaga dan mempertahankan tingkat layanan selama jangka waktu tersebut."

Pemerintah Yunani akan mempertahankan kepemilikan semua prasarana dan sarana yang dibangun oleh konsorsium.

Itu adalah "tonggak kesepakatan... yang secara keseluruhannya akan membawa manfaat yang diharapkan bagi perekonomian Yunani," kata Kepala Badan Konsensi, Antonis Leousis

Konsorsium juga diharuskan membayar sewa tahunan sebesar 22,9 juta euro, kata pernyataan itu.

Tsipras bertemu dengan pimpinan Fraport Yunani,  Stephan Schulte, pada Rabu ini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com