Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Prajurit Turki Selamatkan Seekor Kucing dari Pertempuran di Suriah

Kompas.com - 10/04/2017, 16:02 WIB

ISTANBUL, KOMPAS.com - Seekor kucing yang diselamatkan seorang prajurit Turki saat menggelar operasi militer Euphrate Shiled pada Februari lalu di Suriah mendapatkan rumah baru.

Rumah baru kucing berwarna putih dan coklat yang diberi nama Baris atau berarti "damai" itu adalah sebuah toko buku di kota Istanbul.

Kucing berusia delapan bulan itu pertama kali dibawak ke asosiasi peningkatan kehidupan hewan (CAHIDE) di kota Gaziantep.

Dia dibawa ke tempat itu setelah ditemukan Sersan Omer Ozkan di kota Al-Bab, Suriah saat dia bertugas dalam operasi militer di kota tersebut.

Setelah dirawat para aktivis Cahide, ternyata banyak pihak yang ingin mengadopsi Baris, termasuk perusahaan penerbitan Kirmizi Kedi (Kucing Merah) di Istanbul.

Haluk Hepkon, pemilik perusahaan itu, mengirim salah seorang karyawannya Salih Yavuz ke Gaziantep untuk menjemput Baris.

Salih dan Baris tiba kembali di Istanbul pada 9 April lalu dan kucing itu langsung memulai kehidupan barunya di antara tumpukan buku di tempat itu.

"Dia kini menjadi staf kami yang paling berharga. Kini saya ingin membuat Baris betah di rumah barunya ini," kata Hepkon.

"Fakta bahwa Baris kini hidup di penerbitan bernama 'Kucing Merah' merupakan akhir kisah yang terbaik bagi dia," lanjut Hepkon.

"Terima kasih kepada sang prajurit yang memiliki belas kasihan dan membawa hewan ini. Baris menjadi bukti betapa pahitnya konflik Suriah. Saya harap kedatangan Baris bisa memberikan perdamaian di Suriah," harap Hepkon.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com