Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Antisipasi Korut, AS Kirim Kapal Induk ke Semenanjung Korea

Kompas.com - 09/04/2017, 09:00 WIB

KOMPAS.com - Sebuah kapal induk Amerika Serikat USS Carl Vinson, lengkap dengan pasukan tempur dan jet-jetnya, segera bergerak ke wilayah barat Samudera Pasifik, di dekat semenanjung Korea.

Langkah itu dilakukan sebagai antisipasi dari semakin besarnya kekhawatiran tentang pengembangan program senjata nuklir Korea Utara.

Sebuah sumber di lingkungan Pemerintahan AS yang dikutip Reuters, Sabtu (8/4/2017) waktu setempat, mengungkapkan tentang hal ini.

Pasukan ini akan bertolak dari pangkalan AS di Singapura menuju semenanjung Korea.

Pejabat yang mengungkapkan hal ini meminta identitasnya tak diungkap kepada publik.

"Kami merasa peningkatan kehadiran militer AS di wilayah itu sangat dibutuhkan," ungkap pejabat itu.

Langkah itu, menurut dia, merupakan dampak dari perilaku mengkhawatirkan yang ditunjukkan Korut.

Awal bulan ini saja, Korut sudah kembali melakukan peluncuran uji coba misil Scud berbahan bakar cair, meski hanya terbang sebagian dari kemampuan jelajahnya.

Sejak awal tahun ini, Pemerintah Korut, termasuk sang pemimpin Kim Jong Un, berulang kali mengatakan, uji coba milis balistik atau pun peralatan tempur sejenis akan segera dilakukan lagi.

Diperkirakan, ujicoba itu bakal dilakukan tak lama setelah peringatan ulang tahun ke-105 pendiri Korut, dan perayaan tahunan "the Day of the Sun", pada 15 April 2017.

Di awal pekan ini, Presiden AS Donald Trump dan Presiden ChinaXi Jinping bertemu di Florida, AS.

Dalam kesempatan itu, Trump menekan koleganya itu untuk mengambil langkah lebih dalam menghambat perkembangan program nuklir Korut.

China yang selama ini menjadi "kawan" terkait isu keamanan nasional AS, telah menyelesaikan kajian untuk mencoba mengekang program nuklir dan rudal Korut.

Hal itu termasuk langkah-langkah ekonomi dan militer, namun penekanan terdekat lebih ke arah sanksi terhadap Korut. 

Pilihan serangan militer tidak dibahas di "atas meja", penanganan isu Korut lebih menekankan kepada langkah-langkah yang lebih tidak berisiko, dan menghindari aksi militer langsung. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com