Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dilepaskan di Habitat Baru, Badak Serang Petugas yang Tunggangi Gajah

Kompas.com - 06/04/2017, 12:36 WIB

KATHMANDU, KOMPAS.com - Seekor badak jantan tertangkap kamera sedang berusaha menyerang para pakar konservasi yang menunggang gajah.

Momen luar biasa itu terjadi beberapa saat setelah badak bercula satu itu dilepaskan ke habitat barunya di sebuah taman nasional di Nepal.

Tak hanya menyerang petugas, badak tersebut juga menyerang truk yang mengangkutnya sehingga memaksa para petugas berlarian mencari tempat bersembunyi di balik pepohonan.

Mamalia bertubuh besar itu dilepaskan di Taman Nasional Chitwan, Nepal sebagai bagian dari upaya untuk mendongkrak jumlah populasi hewan tersebut.

Baca: Nepal Pindahkan 5 Ekor Badak Bercula Satu yang Langka

Jumlah badak bercula satu di Nepal hampir punah akibat aksi pemburu liar yang terus berusaha mendapatkan cula yang di pasar gelap dihargai dengan harga yang sangat mahal.

Meski upaya konservasi ini sudah meningkatkan jumlah hewan langka tersebut, tetapi diyakini jumlah badak di India dan Nepal masih berada di bawah 4.000 ekor.

Tim pakar konservasi berharap bisa melepaska empat lagi badak jantan pekan ini di Taman Nasional Chitwan untuk membentuk sebuah kelompok pembiakan baru.

"Dia adalah salah satu jantan dominan di kawasan ini," kata kepala taman nasional Chitwan, Ram Chandra Kandel soal badak jantan yang mengamuk itu.


Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com