Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Wartawannya Tewas Dibunuh, Sebuah Koran di Meksiko Berhenti Terbit

Kompas.com - 03/04/2017, 15:47 WIB

MEXICO CITY, KOMPAS.com - Sebuah surat kabar Meksiko melakukan aksi mogok terbit untuk memprotes pembunuhan terhadap seorang wartawannya.

Harian Norte de Ciudad Juarez yang terbit di kota Chihuahua itu menyebut, edisi Minggu (2/4/2017) akan merupakan edisi terakhir mereka, namun edisi online tetap beroperasi.

Disebutkan, tidak adanya hukuman bagi pelaku kekerasan terhadap jurnalis memaksa mereka melakukan mogok terbit.

Miroslava Breach, seorang wartawan mereka, tewas ditembak bulan lalu. Dia adalah satu dari tiga wartawan yang dibunuh di Meksiko sepanjang Maret.

Breach banyak menulis laporan tentang kaitan antara kejahatan terorganisasi dan para politikus di Chihuahua untuk harian Norte de Ciudad Juarez terbitan Chihuahua dan La Jornada, koran nasional terbitan Mexico City.

Breach ditembak delapan kali saat berada di dalam mobilnya di luar rumahnya di Chihuahua. Salah satu anaknya berada di mobil itu, namun tak mengalami luka.

Seorang penembaknya meninggalkan catatan yang berbunyi: "Untuk mulut lancang..".

Oscar Cantu, editor Norte de Ciudad Juarez, mengatakan: "Tak ada jaminan ataupun keamanan untuk menjalankan jurnalisme yang kritis dan berimbang."

"Segala hal dalam kehidupan ada awal dan akhir, dan harga yang harus dibayar. Dan jika harganya adalah hidup, saya tak siap untuk membiarkan para sejawat saya membayarnya, saya pun tak siap untuk membayarnya juga," katanya.

Sejak 1982, sudah 35 orang wartawan tewas dibunuh di Meksiko karena liputan mereka. Bahkan, kata Komite Perlindungan Jurnalis (CPJ), seperempatnya disiksa terlebih dahulu,.

Pada periode yang sama, 50 jurnalis lain tewas dalam peristiwa yang tak jelas motifnya.

Bulan lalu, gubernur Chihuahua mengatakan, pemerintah negara bagian tak punya perangkat untuk menindak kejahatan teroganisasi.

Dikatakannya, ia sudah meminta pemerintah pusat untuk membantu polisi dalam menindak kartel-kartel obat bius.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com