Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apa yang Akan Dibahas Trump dan al-Sisi di Washington?

Kompas.com - 03/04/2017, 13:06 WIB

WASHINGTON, KOMPAS.com - Presiden Amerika Serikat Donald Trump segera bertemu dengan koleganya Presiden Mesir Abdel Fattah al-Sisi in Washington di Washington, pada Senin waktu setempat, atau Selasa WIB (4/4/2017).

Diberitakan AFP, pertemuan itu digelar di tengah gencarnya sorotan terhadap Presiden al-Sisi terkait rekam jejaknya dalam persoalan hak asasi manusia. 

Bagi Sisi, kesempatan memberikan ucapan selamat atas kemenangan Trump dalam pilprea AS di Oval Office, Gedung Putih memiliki arti tersendiri. 

Seperti yang diberitakan sebelumnya, selama ini, al-Sisi tak pernah mendapat undangan semacam itu dari Presiden AS Barack Obama.

Baca: April, al-Sisi Injakkan Kaki Pertama Kali di AS Sejak Jadi Presiden Mesir

Sementara itu, terkait proses perdamaian Palestina dan Israel diharapkan menjadi salah satu isu yang dibahas dalam pertemuan kedua kepala negara ini.

Demikian pula soal perjuangan menumpas kelompok teroris Negara Islam di Irak dan Suriah (ISIS).

Mesir dan Jordan adalah dua negara di wilayah Arab yang menandatangani kesepakatan damai dengan Israel, dan ke depan akan menjadi pemain kunci dalam upaya baru mencapai perdamaian. 

Sebelumnya, Presiden Trump sudah mengirimkan sinyal-sinyal terkait bagaimana dia akan menyikapi proses perdamaian yang mengalami jalan buntu sejak April 2014 itu. 

Dia pun telah mengakhiri kebijakan AS yang berlaku selama beberapa dekade terakhir dengan menggelar pertemuan dengan Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu, bulan Februari lalu. 

Saat itulah, Trump menyatakan ia tidak terikat dengan solusi dua negara, yang berarti negara Palestina merdeka dan  berdampingan dengan Israel. 

Trump mengatakan dia akan terbuka untuk solusi satu negara, jika itu berarti perdamaian. Namun, Trump juga menyerukan kepada Israel sedikit menahan diri terkait upaya itu.

Baca: Soal Negara Palestina, Liga Arab Mengultimatum Israel

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com