Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 30/03/2017, 16:29 WIB

WASHINGTON DC, KOMPAS.com - Akhirnya, Ivanka Trump resmi bergabung sebagai pegawai di pemerintahan ayahnya sekaligus menegaskan posisinya sebagai anggota penting staf Gedung Putih.

Pada Rabu (29/3/2017), Ivanka mengumumkan bahwa dia akan bekerja sebagai pegawai yang tak menerima gaji di Gedung Putih.

Pernyataan ini disampaikan Ivanka untuk menanggapi masalah etika yang muncul setelah dia dikabarkan akan mendapatkan posisi di Gedung Putih.

"Saya tidak menerima gaji selama bekerja di Gedung Putih, meski demikian saya juga terikat semua aturan yang sama dengan para pegawai federal lainnya," ujar Ivanka.

Sementara itu, lewat pernyataan resminya Gedung Putih menyambut baik pilihan Ivanka untuk mengambil langkah mendukung pemerintahan Presiden Donald Trump.

Pengaruh Ivanka dalam lingkaran dekat ayahnya sudah terlihat tak lama setelah ayahnya memenangkan pemilihan presiden akhir tahun lalu.

Dia hadir saat ayahnya, saat itu masih berstatus presiden terpilih, menggelar pertemuan dengan PM Jepang Shinzo Abe di Trump Tower, New York.

Sejak saat itu, Ivanka yang juga adalah istri Jared Kushner yang menjabat penasihat senior Gedung Putih, semakin menjadi tokoh penting di pemerintahan Donald Trump.

Dia juga hadir saat beberapa pemimpin dunia hadir di Gedung Putih misalnya PM Kanada Justin Trudeau dan Kanselir Jerman Angela Merkel.

Ivanka juga menerima undangan dari Kanselir Merkel untuk hadir dalam KTT ekonomi perempuan di Jerman bulan depan.

"Dia adalah perempuan paling menonjol dalam pemerintahan ini selain Kellyanne Conway, salah satu dari sedikit perempuan dalam pemerintahan Trump," kata Kate Andersen Brower, penulis buku First Women: The Grace and Power of America's Modern First Lady.

"Dia selalu dihubungi ayahnya saat dibutuhkan. Dia merupakan penasihat utamanya, Trump menghargai pendapatnya dan Ivanka bisa sedikit melunakkan ayahnya," tambah Kate.


Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber Telegraph
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com