Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pemerintah dan Oposisi Suriah Capai Kesepatakan untuk Empat Wilayah

Kompas.com - 29/03/2017, 12:43 WIB

DAMASKUS, KOMPAS.com - Berbagai pihak di Suriah, negara yang sedang dilanda perang saudara, telah mencapai kesepakatan untuk memungkinkan evakuasi dari empat kawasan yang terkepung secara militer.

Organisasi Pemantau HAM Suriah (SOHR) yang berbasis di London, Inggris, mengatakan warga Foah dan Kefraya, dua desa yang dikuasai pemerintah, akan diangkut keluar dengan bus.

Di pihak lain warga Madaya dan Zabadani, dua kota di pinggiran Damaskus yang dikuasai pemberontak, juga bisa meninggalkan kota, seperti dilaporkan BBC, Rabu (29/3/2017).

Kesepakatan ini dicapai berkat penengahan oleh Iran dan Qatar. Sekitar 60.000 orang tinggal di empat wilayah terkepung itu.

Sebuah gencatan senjata dilaporkan disepakati mulai berlaku Selasa (28/3/2017) untuk membuka jalan bagi evakuasi yang dijadwalkan untuk dimulai dalam waktu satu minggu.

AFP/Getty Para sukarelawan dalam perang saudara di Suriah, yang dikenal dengan nama pasukan Helm Putih, mengeluarkan korban dari reruntuhan masjid yang terkena serangan udara di al-Jina, Aleppo, Kamis (16/3/2017) malam.
Upaya sebelumnya untuk mengevakuasi warga dari Foah dan Kefraya tiga bulan yang lalu digagalkan oleh oposisi, yang membakari bus-bus yang didatangkan untuk mengangkut warga.

Komite Internasional Palang Merah poada Januari lalu, memperingatkan bahwa situasi di daerah terkepung itu “sangat mengerikan”.

Para pegiat mengatakan banyak warga sipil meninggal di sana karena kurangnya makanan dan obat-obatan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com