Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Seorang Matador Alami Luka Serius akibat Ditanduk Banteng

Kompas.com - 27/03/2017, 17:03 WIB

MEXICO CITY, KOMPAS.com - Antonio Romero, seorang matador di Meksiko, akhirnya digotong ke rumah sakit tak lama setelah mendapat serangan seekor banteng yang hampir merenggut nyawanya.

Ia diangkut ke rumah sakit karena bagian duburnya mengalami luka serius akibat ditanduk banteng dalam sebuah pertunjukan di Mexico City, ibu kota Meksiko, akhir pekan lalu, seperti dilaporkan situs berita Metro, Inggris. 

Seekor banteng bernama Caporal di Mexico City tiba-tiba menjadi sangat liar dan menyerang sang matador.

Tanduk kiri banteng itu menusuk pantatnya. Akibatnya, cincin sendi (sphincter) yang melingkari duburnya rusak parah. Menurut dokter yang merawatnya, kejadian itu merusak organ tubuh matador tersebut.

Caporal adalah banteng dengan bobot 1.160 pon atau sekitar 527 kg. Tanduk kirinya menikam dubur matador sedalam 11 inci atau hampir 30 sentimeter (cm).

"Saya menaruh kepercayaan dan harapan untuk kembali merasakan dan memeragakan bahwa saya dapat menjadi orang penting dalam fiesta brava,"katanya kepada Daily Star.

Dokter Rafael Vazquez Bayod mengatakan, Romero menderita luka "sangat, sangat serius pada area anorektalnya" – sebutan untuk ruangan sekitar anus dan ruang terakhir dari usus besar (rektum).

Romero sangat menderita dan berusaha menggapai tanah agar lepas dari tusukan tanduk Caporal setelah ia menyulut amukan banteng itu dengan muleta (kain merah yang biasa dipegang matador).

Adu banteng adalah olahraga utama di Meksiko setelah secara resmi menjadi bagian dari kerajaan Spanyol.

Gelanggang terbesar di dunia, Plaza de Toros Mexico, di ibu kota negara Meksiko itu mampu menampung 41.262 orang.

Di sanalah Romero bertarung dengan banteng Caporal yang mencederanya. Romero, meskipun menderita luka serius, beruntung karena selamat insiden itu yang mengancam nyawanya.

Para matador lain berusaha menolongnya dan memisahkan banteng ganas itu.  Kala itu, seorang paramedis, Felipe Sanchez, mengatakan, "lukanya serius akibat ditanduk sedalam sekitar 30 cm".

Saat berita ini diturunkan, Romero dalam kondisi stabil di rumah sakit.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com