Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lima Migran Tewas di Laut Mediterania, Lepas Pantai Libya

Kompas.com - 24/03/2017, 18:43 WIB

ROMA, KOMPAS.com - Lima migran ditemukan tewas di laut lepas Libya, Kamis (23/3/2017), setelah kapal yang mereka tumpangi tenggelam, kemungkinan kapal itu mengangkut ratusan lebih orang yang juga diperkirakan tewas.

Sebuah kelompok organisasi bantuan, Proactiva Open Arms, mengatakan bahwa mereka mengetahui sebuah kapal tenggelam pada Kamis (23/3/2017) dan menemukan kapal lainnya tak lama setelah itu.

"Kami menemukan lima mayat di laut, tapi kami tidak melihat adanya tanda-tanda kehidupan di sana. Ini kenyataan yang pahit, penderitaan yang terjadi di sini tidak dirasakan di Eropa," tulis kelompok itu di akun Facebook mereka.

Melihat dari ukuran kapal, yang sering digunakan sebagai kapal penyelundup dari Libya, kemungkinan terdapat lebih dari 100 orang di setiap kapalnya, kata juru bicara Proactiva, Laura Lanuza.

Seorang juru bicara penjaga pantai Italia, yang mengkoordinasikan dan berpartisipasi dalam melakukan penyelamatan, mengkonfirmasikan bahwa lima mayat korban telah berada di kapal Proactiva, Golfo Azzurro.

Jumlah migran yang berusaha menyeberangi Laut Mediterania tahun ini mengalami peningkatan setelah terjadinya kesepakatan antara Uni Eropa dan Turki untuk menutup sebagian besar rute menuju Yunani.

Sebanyak 559 orang tewas di Mediterania sepanjang tahun ini, menurut Organisasi Migrasi International (IOM), dan sekitar 5.000 orang tewas di sepanjang tahun 2016

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com