Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sepertiga Penduduk Desa Ini Dirawat setelah Makan Siang Gratis

Kompas.com - 24/03/2017, 16:10 WIB

YANGON, KOMPAS.com – Makan siang untuk penduduk sebuah desa di Myanmar membawa petaka karena sepertiga warganya masuk rumah sakit setelah menikmati sup ikan gratis.

Penjabat lokal di Myanmar selatan, Jumat (24/3/2017), melaporkan, ratusan warga desa Eain Ta Lone, yang terletak di barat Yangon, dilarikan ke rumah sakit setelah makan sup ikan gratis pada upacara syukuran pentahbisan seorang pemuda Buddha desa itu.

Seluruhnya, 1.000 orang diangkut ke rumah sakit terdekat, sebagaimana dilaporkan kantor berita Agence France-Presse.

“Sebanyak 367 orang di antaranya harus dirawat,” kata pegiat kemanusiaan, Wai Lin Aung, yang membantu transportasi penduduk desa itu.

Banyak di antara korban mengalami perut mual, lalu muntah-mutah, dan beberapa merasa gagal dan sakit di seluruh tubuh merereka.

“Mereka merasa seperti itu setlah makan sup hilsa (sejenis ikan) dan sup cassia pada sebuah acara donasi,” kata Wai tentang insiden yang terjadi pada hari Kamis (23/3/2017).

Para penderita baru bisa kembali ke rumah dan pulih pada Kamis malam, kata kepala pemerintahan kota Myaung Mya, Aung Kyaw Zaya.

“Mereka semua sudah kembali ke desa. Kami memantau seluruh desa untuk memastikan apakah masih ada masalah kesehatan lainnya,” kata Aung Kyaw.

Myanmar memang memiliki catatan buruk tentang keamanan makanan. Pengunjung ke negara itu sering mengeluhkan tentang makanan yang tercemar.

Hasil pemeriksaan atas jajanan atau makanan pinggir jalan di kota besar Yangon  dilaporkan menemukan sekitar sepertiga di antaranya mengangung bakteri yang membuat perut mulas.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com