Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pelaku Serangan Teror di London adalah Pria Kelahiran Inggris

Kompas.com - 23/03/2017, 18:13 WIB

LONDON, KOMPAS.com – Pelaku serangan teror di Westminster, London, Inggris, telah diidentifikasi sebagai pria kelahiran Inggris. Ia telah diselidiki karena kekerasan ekstremisme “beberapa tahun yang lalu”.

Perdana Menteri Inggris, Theresia May, mengatakan hal itu pada Kamis (23/3/2017). Namun, May tidak merinci identitasnya, sebagaimana dilaporkan Agence France-Presse.

Ia mengatakan, pria pelaku serangan teror yang telah ditembak mati polisi itu pernah diselidiki Dinas Intelijen Militer Inggris, MI5.

"Pria itu kelahiran Inggris dan ... beberapa tahun lalu pernah diselidiki oleh MI5 terkait dengan kekhawatiran tentang kekerasan ekstremisme," kata May kepada parlemen. "Dia bukan bagian dari potret intelijen saat ini."

Kepolisian Inggris menangkap tujuh orang di London dan Birmingham terkait serangan teror di gedung Parlemen Inggris, London, Rabu (22/3/2017).

"Kami sudah memeriksa enam alamat dan menangkap tujuh orang," kata kepala satuan anti-teror kepolisian Inggris, Mark Rowley, Kamis (23/3/2017).

Sebelumnya, Kepolisian Inggris melakukan penggerebekan di sebuah bangunan di kota Birmingham.

Serangan teror terjadi pada Rabu sore waktu di London, atau malam WIB. Akibat serangan itu, lima orang tewas – termasuk penyerang – dan 40 orang lagi terluka.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com