Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Setahun Serangan Bom Brussels, Karangan Bunga untuk Para Korban

Kompas.com - 22/03/2017, 22:40 WIB

BRUSSELS, KOMPAS.com - Para pemimpin Belgia, korban selama, dan keluarga mereka yang tewas akibat serangan bom bunuh diri 22 Maret 2016 di sebuah bandara dan stasiun kereta bawah tanah di Brussels, Rabu (22/3/2107), memperingati satu tahun tragedi yang menewaskan 32 orang itu.

Raja Philippe dan permaisurinya, Mathilde, bergabung dengan Perdana Menteri Charles Michel di Bandara Zaventem, Brussels, lokasi di mana dua pengebom bunuh diri meledakan diri mereka di terminal keberangkatan penumpang pada suatu pagi yang sibuk.

Staf bandara, personil keamanan, dan sejumlah perwakilan tim tanggap darurat tampak berdiri menyaksikan Raja Philippe meletakkan karangan bunga di luar terminal keberangkatan di Zaventem, di mana 16 orang tewas.

Nama-nama korban dibacakan dalam suasana yang khidmat dengan diiringi musik cello. Di dalam area keberangkatan, sebuah karangan bunga raksasa diletakkan.

Menurut kelompok teror Negara Islam di Irak dan Suriah (ISIS), yang mengklaim mendalangi aksi itu, lebih dari 300 orang terluka dalam serangan itu.

Namun, pihak berwenang menyatakan, sekitar 900 orang di Belgia mengaku menderita truma fisik dan mental akibat serangan tersebut.

Peringatan serupa juga berlangsung di stasiun kereta bawah tanah Maelbeek, di mana 16 orang lainnya dilaporkan tewas.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com