Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ukraina Tolak Penyanyi Rusia Ikuti Kontes Lagu Eurovision

Kompas.com - 22/03/2017, 21:44 WIB

KIEV, KOMPAS.com – Otoritas keamanan Ukraina menolak kontestan Rusia, Yulia Samoylova, untuk masuk ke negara itu menjelang kompetisi pada pertengahan Mei mendatang.

Kantor berita Associate Press, Rabu (22/3/2017), melaporkan, Samoylova dilarang mengikuti kontes lagu Eurovison karena sebelumnya ia pernah tampil di Crimea, wilayah yang dianeksasi Rusia dari Ukraina.

Pada Februari 2017, Moskwa telah memilih penyanyi berusia 27 tahun itu untuk mewakili Rusia untuk mengikuti kontes pada 11-13 Mei di Kiev, ibu kota Ukraina.

Namun, sebelumnya Samoylova telah melakukan tur ke Crimea tanpa memberitahu Kiev bahwa ia telah mengunjungi wilayah yang masih merupakan bagian dari Ukraina itu.

Sesuai dengan hukum Ukraina, aparat dimungkinkan untuk memblokir Samoylova masuk ke Ukraina.

Juru bicara Dinas Keamanan Ukraina, Olena Gitlanska, mengatakan, pihaknya telah melarang Samoylova masuk selama tiga tahun "atas dasar informasi yang diterima tentang pelanggaran yang dilakukannya atas hukum Ukraina".

Samoylova, yang telah duduk kursi roda sejak kecil, pernah tampil bernyanyi pada pembukaan Paralimpiade di Sochi, Rusia, pada 2014.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com