Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

CEO Inggris Digaji 386 Kali Lebih Tinggi dari Karyawannya

Kompas.com - 22/03/2017, 19:39 WIB

LONDON, KOMPAS.com - Equality Trust menyerukan pemerintah Inggris supaya memaksa perusahaan-perusahaan di negara itu untuk melaporkan kesenjangan gaji atau upah antara staf dan karyawan bergaji sedang.

Rata-rata chief executive pada Financial Times Stock Exchange (FTSE) mendapat 386 kali lebih banyak dibandingkan dengan seorang karyawan atau pekerja yang mendapat upah standar nasional.

Hal itu disampaikan oleh para analis yang dipulikasikan Equality Trust ketika lembaga yang didirikan pada 2009 itu meningkatkan kampanye agar pemerintah membuka masalah kesenjangan gaji, seperti dilaporkan The Guardian, Rabu (22/3/2017).

Berdasarkan laporan tahunan dari tahun 2015 hingga saat ini, semua perusahaan dalam lingkungan FTSE 100 mencatat bahwa para CEO mereka mengantongi rata-rata 5,3 juta poundsterling atau setara Rp 87,9 miliar per tahun.

Sedangkan pekerja yang mendapat 13.662 poundsterling atau Rp 226,6 juta per tahun atau sekitar Rp 16.600 per jam. Ada disparitas pendapatan yang sangat tinggi di dalam sebuah perusahaan.

Lembaga tersebut mengeluarkan temuannya di tengah kekhawatiran yang tinggi mengenai adanya masalah lambannya kenaikan upah standar dan meningkatnya inflasi.

Tekanan pada rumah tangga justru sebagian berasal dari kekhawatiran bahwa Brexit dapat memukul nilai mata uang pound menjadi semakin melemah dan harga barang impor ke Inggris semakin mahal.

Faktor-faktor tersebut semakin menekankan bertapa beratnya tantangan bagi Perdana Menteri, Theresa May, yang tengah mempersiapkan berbagai hal agar Inggris benar-benar bisa keluar dengan aman dari blok Uni Eropa (Brexit).

May sendiri telah bersumpah untuk mengurangi kesenjangan di masyarakat dan menciptakan ekonomi yang "menyejahterakan semua orang".

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com