Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Presiden Donald Trump Dipastikan Hadir di KTT NATO

Kompas.com - 22/03/2017, 11:07 WIB

WASHINGTON DC, KOMPAS.com - Gedung Putih, Selasa (21/3/2017) memastikan, Presiden Donald Trump akan hadir dalam KTT NATO di Brussels pada 25 Mei mendatang.

"Presiden sangat menantikan pertemuan dengan rekan-rekan NATO untuk memastikan komitmen kami kepada NATO dan mendiskusikan isu penting dengan aliansi terutama pembagian tanggung jawab dan peran NATO dalam memerangi terorisme," demikian Gedung Putih.

Sementara itu, NATO mengumumkan, pemimpin aliansi tersebut Jens Stoltenberg akan menggelar pembicaraan dengan Presiden Trump di Washington DC menjelang KTT tersebut.

Pertemuan yang akan digelar pada 12 April itu menjadi kesempatan bagi kedua pemimpin untuk membicarakan perkuatan aliansi dalam menghadapi tantangan keamanan global.

Sebelumnya, Menteri Luar Negeri AS Rex Tillerson dipastikan absen di dalam pertemuan para menlu NATO di Brussels, Belgia pada April mendatang.

Namun, Tillerson akan melakukan kunjungan kerja ke Rusia dan Italia dalam waktu yang sama. Demikian disampaikan seorang pejabat AS, Selasa (21/3/2017).

Posisi Tillerson dalam pertemuan NATO akan diwakili pejabat lainnya. Perkembangan ini memicu kekhawatiran baru terkait komitmen Presiden Donald Trump soal aliansi dengan NATO.

"Tom Shannon (wakil menteri luar negeri) akan mewakili AS dalam pertemuan para menlu NATO," kata seorang pejabat AS yang tak mau disebutkan namanya.

Pejabat itu mengatakan, Tillerson dijadwalkan bertemu hampir semua menteri luar negeri dari 28 negara anggota NATO di Washington DC pekan ini.

"Dia sudah bertemu para pejabat Ukraina. Setelah melakukan konsultasi dan pertemuan ini, pada April dia akan menghadiri pertemuan G7 di Italia dan melanjutkan perjalanan ke Rusia," tambah pejabat tersebut.


Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com