Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kemenhan Korea Selatan Sebut Uji Coba Rudal Korea Utara Gagal

Kompas.com - 22/03/2017, 10:51 WIB

SEOUL, KOMPAS.com - Kementerian pertahanan Korea Selatan, Rabu (22/3/2017) mengabarkan, uji coba rudal terbaru Korea Utara mengalami kegagalan.

Uji coba ini dilakukan dua pekan setelah Korea Utara meluncurkan empat roketnya dalam apa yang disebut sebagai latihan serangan terhadap pangkalan AS di Jepang.

"Korea Selatan dan AS mengetahui adanya peluncuran rudal Korea Utara. Kami duga peluncuran itu gagal," kata juru bicara Kemenhan Korea Selatan.

Namun, kementerian pertahanan Korea Selatan tidak merinci jenis rudal yang diluncurkan Korea Utara itu.

Sementara itu, kantor berita Jepang Kyodo mengutip seorang sumber pemerintah mengabarkan, Korea Utara kemungkinan besar meluncurkan beberapa rudal pada Rabu pagi.

Rudal-rudal itu kemungkinan diluncurkan dari wilayah timur Korea Utara dan Kyodo juga memperoleh informasi bahwa peluncuran itu gagal.

Korea Utara meluncurkan rudal balistik antarbenua awal bulan ini. Tiga di antara rudal-rudal itu mendarat di perairan yang tak jauh dari wilayah Jepang, sekutu AS.

Peluncuran rudal itu dilakukan setelah Korea Selatan dan AS menggelar latihan militer tahunan yang selalu membuat geram Korea Utara yang menganggapnya sebagai persiapan invasi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber AFP
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com