Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Diusulkan Sanksi bagi Perusahaan yang Ikut Membangun Tembok Perbatasan

Kompas.com - 22/03/2017, 07:57 WIB

LOS ANGELES, KOMPAS.com - Tiga anggota parlemen California mengusulkan legislasi baru yang akan menjatuhkan sanksi bagi perusahaan yang terlibat dalam pembangunan tembok perbatasan AS-Meksiko.

Usulan yang diumumkan pada Senin (20/3/2017) itu menyerukan agar dua dana pensiun publik California melakukan divestasi dari berbagai perusahaan yang terlibat dalam proyek kontroversial itu.

"Warga California membangun jembatan bukan tembok," kata Phil Ting, salah satu anggota parlemen asal Partai Demokrat lewat pernyataan resminya.

"Ini adalah tembok yang memalukan dan kami tak ingin menjadi bagian di dalamnya. Sejarah Amerika adalah kisah para imigran dan ini adalah sebuah mimpi buruk," tambah Ting.

Undang-undang Pembangunan 946 diusulkan setelah Bea Cukai dan Perlindungan Perbatasan AS pekan lalu meminta proposal desain tembok pembatas sepanjang lebih dari 3.200 kilometer itu.

Jika usulan ini diterima maka aturan baru itu akan memaksa sistem pensiun pegawai publik California dan sistem pensiun guru negeri California menarik investasinya.

Kedua lembaga pengelola dana pensiun tersebut menginvestasikan 312 miliar dolar dan 202 miliar dolar ke sejumlah perusaahan, termasuk perusahaan konstruksi.

Nantinya, undang-undang ini akan meminta kedua lembaga itu menarik investasi mereka dari perusahaan konstruksi yang terlibat dalam pembangunan tembok pembatas.

"Perusahaan kontraktor California harus merefleksikan nilai-nilai yang diperjuangkan negara bagian ini," kata anggota parlemen Lorena Gonzalez Fletcher, salah seorang pengusul.

"Sangat jelas bahwa rakyat California tak ingin berinvestasi dalam nilai-nilai kebencian yang diwakili tembok Donald Trump itu," tambah Lorena.

Undang-undang yang diusulkan California itu menyusul aturan serupa yang juga diusulkan sejumlah negara bagian.

Awal tahun ini, seorang anggota parlemen New York mengusulkan undang-undang yang memboikot semua perusahaan yang terlibat dalam pembangunan tembok.

Sejumlah pejabat lokal di kota San Fransisco pada Selasa (21/3/2017) juga mengusulkan hal yang sama.

Sementara itu, perusahaan-perusahaan konstruksi Meksiko sudah memperingatkan bahwa mereka tak akan ambil bagian dalam proyek kontroversial tersebut.


Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber AFP
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com