Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Maroko Tangkap Penyandang Dana Hezbollah, Mungkin Diekstradisi ke AS

Kompas.com - 21/03/2017, 21:13 WIB

RABAT, KOMPAS.com - Pemerintah Maroko telah menangkap Kassim Tajideen, orang yang oleh Washington dianggap sebagai penyadang dana gerakan Hezbollah, Lebanon.

Maroko pun berencana untuk mengekstradisi Tajideen ke Amerika Serikat, demikian satu satu sumber keamanan Maroko yang berkecimpung dalam menangani kasus itu, Selasa (21/3/2017).

Tajideen ditangkap pada 12 Maret di Bandara Casablanca berdasarkan surat perintah penangkapan yang dikeluarkan dua hari sebelumnya oleh kantor Interpol di Washington.

Kantor berita Reuters melaporkan, Tajideen dituding telah melakukan serangkaian kejahatan, seperti penipuan, pencucian uang, dan pendanaan untuk berbagai kegiatan teroris.

Menurut aparat keamanan,  Tajideen sedang transit di Conakry, ibu kota Guinea, dalam perjalanan menuju Beirut, Lebanon.

Kementerian Dalam Negeri Maroko menolak untuk berkomentar atas penangkapan Tajideen. Kementerian Kehakiman juga tidak dengan segera menjawab pertanyaan wartawan terkait kasus itu.

Departemen Keuangan AS memasukkan Tajideen, seorang yang memiliki kewarganegaraan ganda, yakni Lebanon dan Sierra Leone,  dalam Daftar Teroris Global Khusus pada Mei 2009.

Tajideen disebut-sebut sebagai "kontributor keuangan terpenting bagi Hezbollah".

Pada 2010, Departemen Keuangan menjatukan sanksi kepada saudara Tajideen, yakni Husain dan Ali, karena diduga memberikan dukungan kepada kelompok milisi yang didukung Iran itu.

Dikatakan, Ali pernah menjadi komandan Hezbollah di Lebanon.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com