Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Merkel dan Trump Selalu Bertentangan, Apa Asa dari Pertemuan Mereka?

Kompas.com - 17/03/2017, 17:00 WIB

WASHINGTON DC, KOMPAS.com - Kunjungan Kanselir Jerman, Angela Merkel, ke Washington, Jumat (17/3/2017) ini, diduga akan sangat rumit karena pandangan dengan Presiden AS Donald Trump selalu berseberangan.

Pasalnya Presiden AS, Donald Trump, menilai politik pengungsi Merkel amburadul.  Sebaliknya Merkel memandang politik imigran Trump tidak adil.

Merkel telah melihat dan mengalami semua hal terkait hubungan Trans Atlantik. 

Dalam masa pemerintahan dua presiden AS sebelumnya, George WBush dan Barack Obama, hubungan ini mengalami masa sulit. Baik gara-gara perang Irak maupun akibat skandal penyadapan Badan Keamanan Nasional (NSA).

Walau menghadapi berbagai krisis, Berlin tetap menjaga hubungan erat dengan Washington. 

Merkel tetap menghargai Bush atau Obama sebagagai mitra bicara dalam permasalahan menyangkut Eropa.

Merkel menghadapi pemerintahan AS di bawah Trump berbeda dari dua pendahulunya,  dan memandangnya sebagai tantangan terbesar. 

"Kanselir Jerman itu harus meretas jalan yang sama sekali baru, untuk membangun hubungan yang tetap berfungsi dengan presiden AS," kata John Harper pakar politik luar negeri dari John Hopkins University di Bologna.

Gaya Trump yang cepat dan agresif, seringnya lewat pesan pendek Twitter, atau secara pribadi memusuhi media, berlawanan dengan gaya Merkel, yang menanggapi berbagai hal dengan tenang dan penuh kehati-hatian.

Perbedaan yang paling mencolok adalah ideologi yang dianut kedua tokoh politik ini.

Secercah harapan

Hanya ada harapan kecil dalam pertemuan Merkel dan Trump yang bisa mencapai titik temu.

"Salah satunya memancing presiden baru AS itu untuk mengakui proses G-20 untuk memberikan gagasan, agar bisa memecahkan masalah dalam sebuah strukur bersama", kata Josef Janning, kepala biro European Council on Foreign Relation (ECFR) di Berlin.

Persiapan KTT G20 yang akan digelar di Hamburg, Jerman, pada Juli mendatang, adalah salah satu alasan utama kunjungan Merkel ke Gedung Putih.

Hal lainnya, yang kemungkinan hendak dibahas Merkel dalam lawatan ke Washington adalah hubungan antara AS dengan Uni Eropa (UE).

Halaman:
Sumber DW/AP
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com