Kamis, 23 Maret 2017

Internasional

Suriah Klaim Tembak Jatuh Satu Jet Tempur Israel

Jumat, 17 Maret 2017 | 16:13 WIB
Reuters/Al Arabiya Prajurit AD Israel bersiaga di atas tank mereka sambil mengawasi pintu perbatasan Quneitra di dataran tinggi Golan.

DAMASKUS, KOMPAS.com - Angkatan darat Suriah, Jumat (17/3/2017), mengklaim telah menembak jatuh sebuah jet tempur Israel dan menembak satu pesawat lainnya.

AD Darat Suriah menembak jet-jet tempur Israel ini setelah negara itu menggelar serangan fajar ke Kota Tua Palmyra.

"Pertahanan udara kami memergoki mereka dan menembak jatuh satu pesawat tempur dan mengenai satu lainnya serta memaksa sisa pesawat tempur Israel mundur," demikian pernyataan AD Suriah yang dikutip kantor berita OANA.

Sebelumnya, militer Israel membenarkan jet-jet tempurnya menyerang Suriah pada Kamis (15/3/2017) malam. Serangan udara itu memicu penembakan rudal darat ke udara dari Suriah.

"Tadi malam, jet-jet tempur menggelar serangan udara dengan target sejumlah sasaran di Suriah," demikian pernyataan militer Israel.

"Sejumlah rudah anti-pesawat udara dilepaskan dari Suriah dan sistem pertahanan udara bisa mencegat salah satu rudal itu," tambah militer.

Militer Israel mengatakan, jet-jet tempurnya menghantam sejumlah sasaran di Suriah dan kembali ke wilayah udara Israel saat sejumlah rudal darat ke udara diluncurkan dari Suriah.

Sistem pertahanan udara Israel kemudian beraksi dan berhasil mencegat rudal-rudal Suriah itu.

Editor : Ervan Hardoko
Sumber: Al Arabiya, AFP,
TAG: