Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Selusin Karyawan Perusahaan Senjata Israel Ditangkap karena Korupsi

Kompas.com - 15/03/2017, 16:59 WIB

JERUSALEM, KOMPAS.com – Lebih dari selusin karyawan pada perusahan raksasa perakitan senjata Israel telah ditangkap karena diduga melakukan korupsi secara sistematis.

Polisi Israel, Rabu (15/3/2017), mengatakan, 13 karyawan Industri Dirgantara Israel (IAI), termasuk beberapa direktur, kepala departemen, dan mantan perwira militer telah ditangkap.

Penyelidikan difokuskan pada dugaan suap yang diberikan agar calon kontraktor dapat memenangi tender proyek IAI. Juga dugaan pencurian, hilangnya kepercayaan, dan pencucian uang.

Polisi tidak memberikan keterangan lebih detail atas para tersangka atau apakah dugaan korupsi itu berdampak pada perdagangan senjata dengan negara-negara lain.

Namun, “hasil investigasi menunjukkan adanya praktek kejahatan yang sistematis,” kata polisi seperti dilaporkan Agence France-Presse.

"Kami menyelidiki di sejumlah tempat, kami menemukan adanya unsur korupsi,” kata  juru bicara polisi, Meirav Lapidot, kepada radio militer.

Tim penyidik juga menggeledah rumah dan kantor para tersangka.

Polisi mengatakan, pengadilan diharapkan akan mengeluarkan surat perpanjangan  masa penahanan para tersangka itu pada Rabu ini.

IAI dikuasai penuh oleh pemerintah Israel dan merupakan perusahaan perakitan senjata terbesar di negara Yahudi itu.

Perusahaan mempekerjakan hampir 16.000 orang, menurut data pada tahun 2015, dan memiliki pedapatan sekitar 3,7 miliar dollar AS atau setara Rp 49,4 triliun.

 

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com