Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Foto Bugil Perempuan Marinir Beredar, Komandan Marinir AS Dikecam

Kompas.com - 15/03/2017, 14:57 WIB

WASHINGTON DC, KOMPAS.com – Jenderal Robert Neller, komandan tertinggi marinir AS, Selasa (14/3/2017),  mendapat kecaman pedas atas apa yang disebut senator AS sebagai “skandal memuakkan” atas pemuatan foto-foto bugil perempuan marinir di akun Facebook.

Neller menghadapi sejumlah pertanyaan dari Komisi Angkatan Bersenjata Senat AS untuk menjelaskan respon yang diberikannya setelah terungkap bahwa foto-foto itu dimuat tanpa izin perempuan marinir yang bersangkutan.

Senator Partai Demokrat, Kirsten Gillibrand, mengatakan “ini adalah masalah serius, karena anggota-anggota militer kita melecehkan pasukan perempuan marinir, yang bersedia berkorban nyawa untuk negara ini.”

Gillibrand menuntut penjelasan dari Korps Marinir, bagaimana pasukan itu akan menghadapi “agresi Rusia” jika tidak mampu menghadapi pelecehan dalam Facebook.

Dia juga ingin tahu mengapa pemimpin Korps Marinir tidak melakukan apapun, meskipun pelecehan yang dilakukan terhadap sesama anggota marinir lewat media sosial telah terjadi sejak tahun 2013.

“Saya tidak punya jawaban untuk itu,” jawab Neller. “Saya yang bertanggung jawab. Saya adalah komandan (marinir). Saya mengakui tanggung jawab atas hal ini, dan kami akan berusaha memperbaikinya.”

Senator partai Republik, Lindsay Graham, mengatakan, skandal-skandal seperti ini akan merugikan upaya perekrutan anggota marinir baru.

Sebuah grup dalam Facebook yang menyebut diri “Marines United” memasang foto-foto telanjang anggota perempuan marinir.

Kebanyakan foto itu diambil secara sembunyi-sembunyi, dan anggota yang berpose sukarela mengatakan pemasangan foto-foto mereka di Facebook dilakukan tanpa seizin mereka.

“Marines United” memiliki kira-kira 30.000 anggota sebelum Facebook menutup kegiatan kelompok itu.

Menurut Kode Kehakiman Militer AS, setiap anggota militer yang menyebarkan foto-foto seperti itu bisa diadili dalam pengadilan militer.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com