Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pemerintah Saudi Bertekad Tingkatkan Peluang Kerja untuk Perempuan

Kompas.com - 14/03/2017, 21:14 WIB

RIYADH, KOMPAS.com - Pemerintah Arab Saudi bertekad untuk meningkatkan lapangan kerja bagi perempuan meski para perempuan tak harus pergi ke kantor untuk bekerja.

Kementerian tenaga kerja Arab Saudi mengatakan, peluang untuk bekerja di rumah akan menciptakan 141.000 lapangan kerja pada 2020, terutama bagi perempuan dan warga berkebutuhan khusus.

Langkah mendorong lebih banyak perempuan untuk bekerja ini diambil sebagai bagian dari reformasi sosial dan ekonomi untuk mengatasi menurunnya pendapatan dari sektor perminyakan.

Kementerian tenaga kerja mengatakan, bekerja dari rumah atau "telework" juga akan menguntungkan bagi warga yang tinggal di kawasan terpencil di mana lapangan pekerjaan sulit diperoleh.

Namun, sejauh ini pihak kementerian belum menjelaskan secara detil pihak yang akan menciptakan 141.000 lapangan pekerjaan ini.

Di bawah rencana reformasi Visi 2030, pemerintah Arab Saudi ingin mendorong peran pengusaha kecil dan menengah selain memperluas basis investasi dan industrinya.

Dalam kuartal ketiga tahun lalu, jumlah perempuan yang menganggur di Arab Saudi mencapai 34,5 persen dibanding angka pengangguran pria yang hanya 5,7 persen.

Dengan rencana ini, pemerintah Arab Saudi ingin meningkatkan proporsi perempuan pekerja hingga 28 persen pada 2020.

Menurut data pemerintah, hingga akhir 2015 sektor publik di Arab Saudi mempekerjakan 469.000 perempuan dan 500.000 orang lainnya bekerja di sektor swasta.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber AFP
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com