Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Trump Disebut Bakal Minta Pendapat Merkel Soal Putin

Kompas.com - 14/03/2017, 05:45 WIB

KOMPAS.com - Presiden Amerika Serikat Donald Trump berencana untuk bertanya kepada Kanselir Jerman Angela Merkel mengenai pengalamannya menghadapi Presiden Rusia Vladimir Putin.

Kesempatan itu akan tiba saat Merkel berkunjung ke Gedung Putih pada akhir minggu ini.

Pertemuan yang awalnya dijadwalkan hari Selasa (14/3/2017) akan berlangsung hari Jumat (17/3/2017), menyusul badai salju yang menghantam kawasan Washington mulai Senin malam.

Pejabat senior pemerintahan, hari Jumat mengatakan Trump akan sangat tertarik untuk mengetahui pendapat Kanselir Jerman tersebut.

Sementara, di saat yang bersamaan Trump harus bersiap-siap untuk terlibat dengan pemimpin Rusia itu.

Para pengecam dari kedua sisi kawasan Atlantik curiga dengan apa yang mereka anggap sebagai sikap naif Trump soal Putin. Hal itu khususnya berkaitan dengan upaya Rusia untuk mempengaruhi pemilu presiden AS tahun 2016.

Namun, empat pejabat yang memberi penjelasan singkat kepada wartawan menjelang pertemuan 17 Maret itu mengatakan Presiden Trump ingin menyisihkan perbedaan dengan Merkel.

Perbedaan itu ramai diberitakan, dan kini Trump ingin mencari persamaan kuat mengenai isu-isu, mulai dari perdagangan sampai perang siber, hingga invasi Rusia terhadap Ukraina.

Selama kampenye kepresidenannya Trump menuduh Merkel “merugikan Jerman” dengan kebijakan yang menyambut pengungsi dalam jumlah besar.

Kanselir yang dikenal punya hubungan erat dengan Presiden Barack Obama itu, mengecam larangan perjalanan sementara Trump dan mengatakan tidak ada pembenaran untuk menempatkan asal atau kepercayaan tertentu dalam kecurigaan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com