Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Raja Salman Mulai Kunjungan Kerjanya di Jepang

Kompas.com - 12/03/2017, 18:26 WIB

TOKYO, KOMPAS.com - Raja Arab Saudi Salman bin Abdulaziz al-Saud tiba di Tokyo pada Minggu (12/3/2017), untuk memulai kunjungan kerjanya di Negeri Matahari Terbit.

Kunjungan Raja Salman itu selain untuk mempererat hubungan kedua negara juga dilakukan untuk menjajaki peluang investasi dan masalah keamanan energi.

Dalam kunjungan ini Raja Salman dijadwalkan bertemu dan menggelar pembicaraan dengan Kaisar Akihito dan PM Shinzo Abe pada Senin (13/3/2017).

"Merupakan kehormatan untuk menerima kunjungan Penjaga Dua Masjid Suci, Raja Salman di Jepang. Kunjungan ini sangat bersejarah karena kunjungan Raja Arab Saudi terakhir adalah 46 tahun lalu," ujar kuasa dagang Kedubes Jepang di Riyadh, Setsuo Ohmori, Sabtu (11/3/2017).

Kaisar Akihito direncanakan akan menggelar jamuan makan siang untuk menghormati Raja Salman. Sedangkan jamuan makan malam akan digelar PM Shinzo Abe.

"Pemerintah Jepang mengucapkan selamat datang untuk Raja Salman dan berharap kunjungan ini bisa memperat hubungan kedua negara," demikian pernyataan resmi Kementerian Luar Negeri Jepang.

Sementara itu, rincian kesepakatan dan nota kesepahaman akan diumumkan lebih lanjut dalam kunjunga kerja ini.

Namun, beberapa hal yang akan dibicarakan antara lain kerja sama Jepang dan Arab Saudi dalam kerangka kerja Visi 2030 serta terkait ketertarikan Jepang untuk berpartisipasi dalam IPO Saudi Aramco.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Arab News
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com