Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Terungkap, Penyebab Kematian Mendadak Dubes Rusia untuk PBB

Kompas.com - 11/03/2017, 13:23 WIB

NEW YORK, KOMPAS.com - Penyebab kematian Duta Besar Rusia untuk Perserikatan Bangsa-bangsa (PBB) Vitaly Churkin di New York bulan lalu, terungkap.

Sebuah sumber di kantor pemeriksaan medis Kota New York, yang menangani kejadian itu mengungkapkan, Churkin tewas akibat serangan jantung.

Pejabat senior yang meminta namanya tak dipublikasikan itu juga menyebut, tak ditemukan tanda-tanda mencurigakan lain sebagai penyebab kematian tersebut.

Baca: Dubes Rusia untuk PBB Meninggal Dunia Mendadak di New York

Kantor Pemeriksaan Medis itu sesungguhnya tak memiliki kewenangan untuk membuka hasil pengujian dalam kasus kematian tersebut.

Sehingga, pejabat yang berbicara kepada kantor berita Associated Press, Jumat (10/3/2017) waktu setempat, meminta namanya dirahasiakan.

Sumber itu menyebutkan, berdasarkan protokol diplomatik, lembaga itu diperintahkan untuk tidak mempublikasikan penyebab kematian Churkin.

Langkah otopsi dilakukan terhadap Churkin bulan lalu. Namun, kematian tersebut tenyata membutuhkan pemeriksaan lebih lanjut.

Pemeriksaan lanjutan tersebut kini telah rampung.

Juru bicara lembaga pemeriksaan medis di Kota New York, Julie Bolcer mengatakan, pihaknya terikat aturan untuk tidak mengungkap informasi apa pun.

"Ini sejalan dengan hukum dan protokol internasional," kata Bolcer.

Sebelumnya, Kementerian Luar Negeri AS memerintahkan lembaga itu untuk tidak mengungkap penyebab kematian.

Permintaan itu disampaikan secara tertulis pada 24 Februari lalu. Alasan permintaan itu adalah karena Churkin memiliki kekebalan diplomatik.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com