Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

AS Kirim 400 Prajurit untuk Kalahkan ISIS di Raqqa

Kompas.com - 10/03/2017, 12:09 WIB

DAMASKUS, KOMPAS.com - Amerika Serikat mengirimkan 400 personel tambahan ke Suriah untuk memerangi kelompok Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS) di kota Raqqa.

Pasukan yang termasuk di dalamnya personel marinir itu, tiba dalam beberapa hari terakhir ini.

Seorang pejabat departemen pertahanan AS kepada harian The Washington Post mengatakan, artileri milik marinir telah dikirimkan, termasuk senjata yang bisa menembak sasaran dalam jarak 32 kilometer.

Juru bicara koalisi, Kolonel John Dorrian mengatakan kepada kantor berita Reuters, bahwa mereka akan membantu "mempercepat kekalahan" ISIS di Raqqa.

Selama akhir pekan, pasukan elit angkatan darat Rangers juga diterjunkan ke wilayah di dekat Raqqa dengan sejumlah persenjataan berat.

Langkah itu dilakukan sebagai upaya untuk mengakhiri konflik antar unit aliansi Arab-Kurdi, yang dikenal sebagai Pasukan Demokratik Suriah, dan pemberontak yang didukung Turki.

Sementara itu, Menteri Luar Negeri AS Rex Tillerson akan bertemu dengan anggota koalisi menjelang serangan ke Raqqa.

Para menlu, para pejabat senior dari 68 negara, dan organisasi internasional telah diundang untuk menghadiri pertemuan selama dua hari di Washington DC yang dimulai pada 22 Maret.

"Menteri Tillerson telah dengan sangat jelas mengatakan, mengalahkan ISIS merupakan prioritas utama kementerian luar negeri di Timur Tengah," kata juru bicara kementerian luar negeri Mark Toner.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com