Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 10/03/2017, 07:50 WIB

KAIRO, KOMPAS.com- Para arkeolog menemukan dua patung Firaun berusia lebih dari 3.000 tahun di sebuah lubang penggalian berlumpur di pinggiran Kairo, ibu kota Mesir, Kamis (9/3/2017).

Peninggalan bersejarah itu ditemukan di Distrik Mattarya, situs yang menjadi ibu kota Heliopolis, Firaun kuno, yang saat ini telah berubah menjadi disrik pekerja kelas menengah di Kairo timur.

Dua patung itu,  yang ditemukan di gurun antara blok apartemen tua, diperkirakan mewakili Firaun dari dinasti ke-19, yang memerintah pada tahun 1314-1200 sebelum Masehi.

Salah satu patung di antaranya setinggi delapan meter (26 kaki) dan diukir dari batu kuarsit, seperti dilaporkan kantor berita Agence France-Presse, Jumat (10/3/2017).

Patung tersebut tidak dapat diidentifikasi dari ukirannya, tetapi ditemukan di gerbang kuil Raja Ramses II – yang juga dikenal sebagai Ramses Agung – dan diduga patung dirinya.

Peninggalan lainnya adalah patung batu kapur dari abad ke-12 sebelum Masehi, dari masa Raja Seti II. Tidak disebutkan berapa tinggi patung tersebut.

Patung-patung itu ditemukan oleh para arkeolog yang tergabung dalam misi arkeologi Jerman dan Mesir.

"Penemuan dua patung itu menunjukkan pentingnya kota Heliopolis, yang didedikasikan untuk menyembah dewa Ra (dewa matahari)," kata Aymen Ashmawy, ketua tim penggalian Mesir.

Dia mengatakan, penemuan itu "sangat penting" karena mengindikasikan tentang candi Oun Sun sebagai sebuah situs dengan "struktur yang megah".

Dietrich Raue, ketua tim arkeolog Jerman, mengatakan, tim sedang bekerja keras untuk mengangkat patung sehingga dapat diangkut ke tempat yang lain untuk restorasi.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com