Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hari Ini, Tepat 3 Tahun Malaysia Airlines MH370 Hilang

Kompas.com - 08/03/2017, 13:53 WIB

BRISBANE, KOMPAS.com - Meski menghentikan pencarian pesawat Boeing 777 Malaysia Airlines H370 yang hilang, pemerintah Australia masih berharap pesawat itu bisa ditemukan.

Hal itu disampaikan menteri infrastruktur dan transportasi Australia, Darren Chester, Rabu (8/3/2017), dalam peringatan tiga tahun tragedi MH370.

Peringatan itu digelar di katedral Anglikan St Johanes di Brisbane tempat beberapa penumpang dan kerabatnya tinggal.

Kepada umat gereja yang di dalamnya termasuk keluarga Paul Weeks asal Selandia Baru serta empat warga Australia Robert dan Catherine Lawton serta Rodney dan Mary Burrows.

"Meski hingga hari ini kami belum sukses, kami masih berharap di masa depan, akan ada titik cerah, pesawat itu akan ditemukan, dan kami akan bisa memberi jawaban lebih banyak," kata Chester.

Chester menambahkan, sebuah tugu peringatan untuk mengenang para penumpang dan kru penumpang di kota Perth, Australia Barat, yang menjadi basis pencarian MH370.

Chester melanjutkan, bahwa dia memahami rasa frustrasi keluarga korban karena kini tak ada lagi operasi pencarian di lokasi tempat pesawat itu diduga jatuh.

Australia, Malaysia, dan China pada Januari lalu menghentikan pencarian setelah menyapu kawasan seluas 120.000 kilometer persegi di Samudera Hindia sebelah barat daya Australia, tanpa hasil.

Sementara itu, Jeanette Maguire, saudara dari Catherine Lawton, salah seorang korban, mengatakan, dia sangat menghargai pemerintah Australia yang mengundangnya dalam acara itu.

Dalam acara itu, Chester enggan berkomentar terkait kabar bahwa sejumlah keluarga korban berupaya menggalang dana untuk melanjutkan pencarian.

"Saya tak akan memberikan nasihat apapun kepada mereka yang ingin menggalang dana untuk melanjutkan pencarian," ujar Chester.

"Namun, dari perspektif pemerintah Australia, pencarian ditunda," tambah dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com