Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sapu Sejumlah Pemain Ski, Salju Longsor di Alpen Tak Telan Korban Jiwa

Kompas.com - 07/03/2017, 19:54 WIB

TIGNES, KOMPAS.com - Longsoran salju yang menyapu sejumlah pemain ski di kawasa resor di Tignes, Pegunungan Alpen, Perancis, Selasa (7/3/2017) dipastikan tak menimbulkan korban jiwa.

Otoritas setempat, seperti diwartakan kantor berita Reuters memastikan hal tersebut, setelah sebelumnya, muncul kekhawatiran banyak wisatawan yang tertimbun insiden itu.

Baca: Salju Longsor di Pegunungan Alpen, Diduga Banyak Turis Tertimbun

Salju longsor terjadi beberapa saat sebelum pukul 10.00 waktu setempat, atau sekitar pukul 16.00 WIB.

Lokasi yang dilanda bencana adalah kawasan resor yang merupakan lokasi persiapan para penikmat ski es pemula. Selain pemain ski pemula, anak-anak pun kerap bermain di wilayah itu.

"Memang ada sejumlah pemain ski yang sempat tersapu longsoran salju, dan ditangani oleh petugas dari resor setempat," demikian bunyi pernyataan tertulis pihak resor. 

"Tim gawat darurat segera bergerak ke lokasi, dan setelah pencarian di sejumlah titik, dipastikan tak ada korban jiwa."

Laporan pertama yang diterima Reuters dari petugas gawat darurat menyebutkan, ada sejumlah pemain ski yang tersapu longsor.

Salju yang turun, dan jarang pandang yang buruk disertai risiko longsor susulan dengan tingkat bahaya IV dalam skala V, terjadi di lokasi tersebut.

Kondisi itu menyulitkan regu penyelamat untuk melakukan pencarian dan penyelamatan dari sisi luar dengan menggunakan helikopter.

Para pemain ski akhirnya diselamatkan oleh petugas resor dan polisi setempat, dan lokasi wisata ski es itu untuk sementara ditutup.

Pihak pengelola resor kemudian menjelaskan, lokasi itu bisa dibuka kembali, dengan sejumlah titik yang masih ditutup.

Empat orang tewas dalam bencana serupa di Tignes pada 13 Februari lalu.

Sepanjang musim dingin ini, sudah terjadi 14 kali insiden sejenis di pegunungan Alpen dan Pyrenees yang secara total menewaskan tujuh orang.

Pada musim dingin tahun lalu, terjadi 45 insiden salju longsor yang mengakibatkan 21 orang meninggal dunia.

Salah satu bencana longsor paling buruk dalam satu dekade terakhir di pegunungan Alpen Perancis terjadi pada 2012 di pegunungan Mont Blanc.

Saat itu, sembilan pendaki gunung dari Inggris, Jerman, Spanyol, dan Swiss tewas saat sedang menyusuri sisi barat Mont Maudit yang jika diterjemahkan berarti Gunung Terkutuk.

Sedangkan pada Januari lalu, 29 orang tewas saat longsoran salju menimpa sebuah hotel di Kota Rigopiano, wilayah tengah Italia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com