Telah Menikah 67 Tahun, Pria 95 Tahun Ini Mengaku Gay dan Ingin Punya Pacar - Kompas.com

Telah Menikah 67 Tahun, Pria 95 Tahun Ini Mengaku Gay dan Ingin Punya Pacar

Kompas.com - 05/03/2017, 21:12 WIB
Dave Wavey Roman berkisah tentang hidupnya kepada Davey Wavey, juga apakah kini ia merindukan seorang pria.

Roman, menikah selama 67 tahun, memiliki dua anak, lima cucu dan seorang cicit, memutuskan untuk 'keluar dari kloset,' dan melela bahwa ia adalah seorang gay, dan ingin punya pacar.

Apakah ada kata terlambat untuk berdamai dengan sifat sejati seseorang? Mungkin tidak.

Kenalkan Roman, pria yang pada usia 95 tahun memutuskan bahwa sudah waktunya untuk meluruskan kisah hidupnya.

Dalam wawancara video tiga setengah menit dengan YouTuber populer Davey Wavey - yang juga seorang gay - Roman, yang kini berusia 96 tahun, mengatakan ia telah memiliki seorang istri selama 67 tahun, dua anak, lima cucu dan seorang cicit.

Tapi tahun lalu ia memutuskan sudah waktunya untuk melela, 'keluar dari kloset' -istilah orang yang akhirnya menyatakan identitas seksual sebenarnya setelah 'berada dalam kloset' atau menyembunyikan identitas seksualnya selama bertahun-tahun.

Jadi mengapa Roman menunggu sampai dia berusia 95 tahun? Dia mengatakan kepada Davey bahwa ada 'hal-hal tertentu yang saya ingin dunia tahu.'

Dia mengatakan dia tahu orientasi seksualnya yang sebenarnya sejak berumur lima tahun.

Dan bagaimana keluarganya bereaksi terhadap berita itu ketika disampaikan kepada mereka?

"Saya hanya mengatakan kepada mereka dengan biasa saja bahwa sejak lahir dan selama hidup, saya sebenarnya adalah seorang gay. Saya mengatakan kepada mereka seluruh tragedi hidup saya dan kemudian mereka mengerti apa yang terjadi pada saya," jawabnya.

"Dapatkah Anda bayangkan ... 90 tahun berada di dalam kloset?"

Ditanyakan oleh Davey apakah ia sekarang menginginkan suatu hubungan dengan seorang pacar, Roman tersipu, menutupi wajahnya dan memandang ke kejauhan.

"Ya," jawabnya, menghindari kontak mata dengan Davey.

"Apa jenis pria yang Anda inginkan? Seperti apa mukanya?"

"Itu tidak penting," katanya. "Wajahnya tidak penting. Saya tak peduli mukanya, saya melihat hatinya. Seseorang untuk bersandar. Seseorang yang merasakan hati saya."

Dan akhirnya, sekarang setelah dia telah membiarkan dunia tahu kisahnya, apa yang ia inginkan?

"Saya ingin tidur bersama seorang pria di samping saya. Bukan untuk hal lain, tetapi untuk memastikan bahwa ada yang peduli pada saya."

Berbicara kepada BBC, Davey mengatakan ia ingin agar penonton menyaksikan kisah hidup Roman yang pelik itu.

"Di satu sisi, itu kisah 'kemenangan' dari seorang pria 95 tahun yang mengungkapkan identitas seksual yang sebenarnya dan menumpahkan rahasia berat yang disimpannya sembilan dekade. Di sisi lain, cerita Roman juga sangat emosional, dan juga rumit."

"Ini juga kisah tentang kesempatan yang sudah hilang. Kita hanya bisa menduga-duga, andai situasinya lain, apa yang akan terjadi pada Roman?"

"Dan kita juga berempati untuk istri Roman. Tidak diragukan lagi bahwa keduanya saling mencintai secara mendalam, dan baik Roman maupun istrinya pantas mendapatkan gairah dan keintiman seksual. Apakah mereka memiliki hal itu meskipun Roman adalah seorang gay? Saya tidak tahu."

Tapi ada sesuatu yang 'manusiawi secarara fundamental ' tentang pengalaman Roman, katanya.

"Ini sekadar suatu kerinduan sederhana yang mendorong kita semua. Di dalamnya, kita melihat sisi manusia Roman. Dan kita melihat diri kita sendiri."

Davey, Youtuber yang mewawancarai Roman mengatakan kepada BBC bahwa ia terhubung dengan Roman melalui cucunya, Brandon Gross.

Brandon membuat film tentang kisah kakeknya dalam segala kompleksitas cinta, pernikahan dan rahasia keluarga yang dipegang erat-erat. Film itu berjudul "On My Way Out."

EditorPascal S Bin Saju
Komentar