Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sejumlah Muslim Siap Jaga Pusat Kegiatan Umat Yahudi AS

Kompas.com - 04/03/2017, 08:29 WIB

WASHINGTON DC, KOMPAS.com - Setelah munculnya ancaman bom di pusat-pusat komunitas dan aksi perusakan makam Yahudi di Philadelphia dan di St Louis, Amerika Serikat, sejumlah umat Muslim menawarkan diri untuk menjaga pusat-pusat kegiatan umat Yahudi.

Tawaran untuk menjaga tempat-tempat religius Yahudi itu datang dari kaum Muslim yang terdiri dari aparat militer, pengacara, dan penyiar televisi, seperti dilaporkan BBC, Jumat (3/3/2017).

Mereka mengemukakan tawaran tersebut melalui media sosial.

JCC Association of North America, sebuah jaringan pusat budaya, melaporkan lebih dari 100 ancaman bom ditujukan ke pusat-pusat komunitas Yahudi selama Januari dan Februari 2017.

Pada Senin (27/2/2017) saja, organisasi tersebut mengatakan ada 31 ancaman terhadap pusat-pusat komunitas Yahudi, salah satunya sebuah tembakan yang dilepaskan ke arah jendela sekolah bahasa Ibrani di sebuah sinagoga di Indiana, AS.

Solidaritas Muslim

Seorang mantan marinir yang beragama Islam, Tayyib Rashid, menyatakan, "Jika sinagoga Anda atau tempat pemakaman Yahudi membutuhkan seseorang untuk menjaga, hubungi saya. Islam mewajibkannya."

Mantan marinir tersebut mempersilakan orang-orang untuk bertemu dengannya di sebuah warung kopi di kotanya di Grayslake, Chicago, terkait 'prakarsanya untuk membantu mempromosikan perdamaian di antara kaum Muslim dan non-Muslim.'

Dia berencana untuk menggelar diskusi tentang 'tindakan kejam baru-baru ini yang dilakukan oleh sejumlah orang yang penuh kebencian' yang bertanggung jawab atas 'perusakan dan penodaan makam-makam kaum Yahudi.'

"Saya benar-benar mengutuk tindakan kejam tersebut dan saya memberikan solidaritas kepada seluruh warga Yahudi," tegasnya.

Tawaran lainnya dari penyiar televisi peraih penghargaan Emmy, Momin Bhatti.

Seperti Rashid, Bhatti juga menggunakan media sosial untuk menyatakan kesiapannya menjaga tempat-tempat peribadatan dan komunitas Yahudi.

Solidaritas ini datang setelah sebuah penggalangan dana daring (online) dibentuk oleh warga Muslim untuk membantu memperbaiki tempat pemakaman Yahudi yang dirusak.

Kini, dana yang berhasil terkumpul lebih dari 150.000 dollar AS (atau sekitar Rp 2 miliar).

Pada 20 Februari, lebih dari 170 batu nisan dirusak di pemakaman Yahudi di St Louis, Missouri.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com