Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Wartawan Meksiko Ditembak Mati di Tempat Cuci Mobil

Kompas.com - 03/03/2017, 14:19 WIB

ACAPULCO, KOMPAS.com - Seorang jurnalis Meksiko tewas ditembak di wilayah bergolak di negara bagian Guerrero. 

"Dengan menyesal saya mengonfirmasi kematian seorang jurnalis Cecilio Pineda," kata Roberto Alvarez, Juru bicara Departemen Keamanan Meksiko melalui akun Twitter-nya, Jumat WIB (3/3/2017). 

Seperti diberitakan AFP, dia lalu mengatakan, saat ini tim kejaksaan setempat sedang melakukan invetigasi atas kasus tersebut. 

Sang wartawan, -yang bekerja mengelola koran lokal La Voz de la Tierra Caliente dan berkolaborasi dengan harian nasional El Universal, ditembak saat sedang bersantai di tempat cuci mobil.

Lokasi kejadian berada di wilayah Ciudad Altamirano, di mana dia tinggal. Keterangan ini terungkap dalam siaran pers yang dikeluarkan kantor Kejaksaan Guerrero.

Petugas gawat darurat sempat memberikan bantuan di lokasi penembakan. Namun dia meninggal dunia saat mendapat pertolongan pertama. 

Pineda selama ini melakukan tugas peliputan kriminal di wilayah Tierra Caliente, sebuah wilayah yang berkembang dengan penjualan ganja, dan opium.

Di kawasan itu pun terjadi serangkaian aksi penculikan dalam beberapa bulan terakhir. 

Sebelum peristiwa yang merenggut nyawanya ini, Pineda pun pernah terhindar dari maut ketika pada September 2015 terjadi serangan dari luar rumahnya.

Secara global, Meksiko berada di peringkat ketiga di dunia, untuk jumlah wartawan yang terbunuh menyusul Suriah dan Afganistan.

Data itu dilansir kelompok Reporters Without Borders.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com