Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Data Pribadi Karyawan dan Tentara Singapura Diretas

Kompas.com - 28/02/2017, 23:16 WIB

SINGAPURA, KOMPAS.com - Kementerian Pertahanan Singapura mengatakan, data pribadi ratusan karyawan dan tentara negara itu dicuri oleh peretas yang berhasil masuk ke sistem komputer mereka.

Namun, ditegaskan juga bahwa tidak ada data rahasia yang diambil para peretas yang beraksi pada awal Februari untuk masuk ke I-net, yang memberi layanan internet kepada karyawan dan juga wajib militer.

"Tujuan utama mungkin ingin mendapat akses ke rahasia negara namun berhasil dicegah karena pemisahan secara fisik I-net dari sistem internal kami," seperti tertulis dalam pernyataan, Selasa (28/2/2017).

Para peretas disebutkan bisa mendapatkan rincian kartu pengenal, nomor telepon, dan tanggal lahir dari 850 staf dan tentara serta wajib militer.

Bagaimanapun skala dari serangan siber itu masih dalam penyelidikan lebih lanjut.

Kementerian Pertahanan Singapura menambahkan, serangan tampaknya direncanakan dengan baik namun tidak ada informasi militer rahasia yang disimmpan di I-net.

Para karyawan yang terkena dampak peretasan akan segera dihubungi dan diminta agar mengganti kata kunci serta melaporkan jika ada kegiatan yang tidak biasa atas nama informasi pribadi mereka.

Tahun lalu, Singapura memulai proses pemisahan komputer kerja untuk para pegawai negerinya dari sistem internal guna menghindari kemungkinan serangan peretas.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com