Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Canberra Masuki Musim Jamur Beracun, Warga Diberi Peringatan

Kompas.com - 28/02/2017, 16:35 WIB

CANBERRA, KOMPAS.com - Warga yang baru bermukim di Canberra, Australia diperingatkan untuk tidak memetik jamur, mengingat Wilayah Ibukota Australia (ACT) ini memasuki musim jamur beracun.

Jamur beracun yang mematikan ini tumbuh di seluruh Australia. Namun yang paling umum jamur muncul di Canberra, di mana tanaman ini tumbuh di bawah pohon ek yang diimpor dari Eropa.

Musim petik jamur merupakan hobi yang populer bagi banyak orang di Canberra.

Juru bicara Dewan Informasi Keamanan Pangan Australia, Lydia Buchtmann, mengatakan, para imigran dan mahasiswa internasional yang baru datang -khususnya, sering memiliki tradisi memetik jamur liar tanpa menyadari risiko.

"Kebanyakan orang ingat kejadian di tahun 2012 ketika dua orang yang meninggal dengan tragis setelah makan jamur beracun," ujar Buchtmann.

"Mereka hanya memetik jamur itu dalam perjalanan pulang dan mengolahnya menjadi makanan malam tahun baru lalu merasa sangat tak enak badan dan meninggal," ungkapnya.

Hanya dibutuhkan satu sendok teh jamur beracun untuk membunuh orang dewasa yang sehat. Racun itu pun tak rusak oleh proses memasak, mengupas, atau merendam.

Mereka yang memakan jamur itu biasanya mengalami muntah, diare, dan kram perut.

Anehnya, gejala ini biasanya mereda setelah beberapa hari, -sebelum korban mengalami kondisi terburuk.

"Pada saat itu, organ-organ internal Anda begitu rusak parah dan Anda mungkin meninggal tiga atau empat hari setelah itu," jelas Buchtmann.

"Benar-benar penting jika Anda merasa mengonsumsi salah satu jamur beracun ini, segera cari bantuan medis, bahkan sebelum Anda mengalami gejala apapun."

Jauhi jamur liar

Empat orang di ACT telah meninggal akibat makan jamur beracun dalam 16 tahun terakhir. Pada tahun 2014 empat orang lainnya mengalami keracunan serius.

Lydia Buchtmann mengatakan, anak-anak yang masih sangat kecil, yang seringkali memasukkan banyak hal dalam mulut mereka tanpa berpikir, adalah pihak yang sangat rentan.

Untuk alasan ini, ia merekomendasikan agar orangtua memeriksa kebun mereka dan mencabut jamur liar.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com