Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

500 Batu Nisan di Pemakaman Yahudi Philadelphia Dirusak

Kompas.com - 27/02/2017, 10:31 WIB

WASHINGTON DC, KOMPAS.com - Sebanyak 500 batu nisan, beberapa di antaranya berusia di atas 100 tahun, di sebuah pemakaman Yahudi di Philadelphia, AS dirusak.

Insiden ini merupakan yang terbaru dari serangkaian ancaman bom dan perusakan yang menimpa berbagai lembaga dan warga Yahudi di AS.

Seorang pemuka agama Yahudi setempat yang tak mau disebutkan namanya kepaa stasiun televisi WPVI mengatakan, batu-batu nisan yang dirusak itu berada di pemakaman Mount Carmel yang bersejarah.

Di pemakaman yang terletak di kawasan Wissinoming, sisi sebelah timur laut Philadelphia itu juga dimakamkan warga penganut kepercayaan Quaker dan Muslim.

"Kami mencoba tak bersikap sebagai korban, meski kondisi ini membuat kami sedih, tetapi kami berusaha tegar," ujar sang rabbi.

Perusakan makam ini diketahui setelah seorang warga New Jersey Aaron Mallin mengunjungi makam ayahnya pada Minggu (26/2/2017).

"Saya merasa sangat terpukul karena hal semacam ini bisa terjadi," kata Aaron kepada stasiun televisi WPVI.

Kepolisian setempat kini tengah melakukan investigasi untuk mencari pelaku perusakan tersebut.

Sementara, Liga Anti-Penistaan AS menawarkan hadiah uang 10.000 dolar AS bagi pemberi informasi terkait pelaku perusakan batu nisan tersebut.

Serangan ini terjadi hanya sepekan setelah aksi serupa menghancurkan lebih dari 100 batu nisan di pemakaman Yahudi di St Louis, Missouri.

Insiden itu memicu umat Muslim setempat menggelar kampanye penggalangan dana yang sukses mengumpulkan uang 100.000 dolar yang digunakan untuk perbaikan makam.


Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber AFP
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com