Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sebuah Universitas di Pyongyang Membutuhkan Dosen Bahasa Inggris

Kompas.com - 27/02/2017, 08:18 WIB

PYONGYANG, KOMPAS.com — Jika Anda tengah mencari pekerjaan di luar negeri dan memiliki latar belakang ilmu pendidikan, mungkin lowongan pekerjaan ini bisa dipertimbangkan.

Sebuah universitas swasta pertama di Korea Utara tengah mencari seorang dosen bahasa Inggris untuk bekerja di Pyongyang selama beberapa tahun.

Universitas Sains dan Teknologi Pyongyang mengumumkan tawarannya itu lewat sebuah situs lowongan pekerjaan di Inggris.

"Dosen bahasa Inggris itu akan diminta komitmennya untuk mengajar sepanjang semester selama 15 pekan. Semester musim semi dimulai awal Maret dan berakhir pertengahan Juni. Semester musim gugur dimulai awal September dan berakhir pertengahan Desember," demikian isi iklan lowongan kerja itu.

Iklan lowongan itu tidak menyebutkan gaji atau tunjangan yang akan diperoleh jika seorang kandidat diterima bekerja di universitas tersebut.

Namun, sejumlah tawaran pekerjaan dari Korea Utara biasanya menyediakan bonus 1.000 euro atau hampir Rp 16 juta, termasuk tiket pergi pulang Pyongyang-Beijing.

Selain itu, dipastikan orang tersebut mendapatkan visa Korea Utara, liburan akhir pekan di seluruh negeri, biaya makan, dan akomodasi sekelas hotel bintang tiga.

Syarat mereka yang ingin melamar adalah harus memiliki gelar master dan setidaknya satu tahun pengalaman mengajar bahasa Inggris di sekolah, akademi, atau universitas.

Universitas ini menerima pelamar dari berbagai negara, termasuk Amerika Serikat, Jepang, dan Rusia.

Sementara itu, warga Korea Selatan tak perlu melamar karena Korea Utara tak menerima lamaran kerja dari siapa pun yang pernah bekerja di Korea Selatan, apa pun kewarganegaraannya.

Universitas Sains dan Teknologi Pyongyang bukan hanya institusi pendidikan swasta di Korea Utara, universitas ini juga merupakan kerja sama kedua Korea yang didukung sejumlah individu dari berbagai negara, termasuk China dan AS.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com