AD Turki Perkenankan Personel Perempuan Kenakan Hijab - Kompas.com

AD Turki Perkenankan Personel Perempuan Kenakan Hijab

Kompas.com - 22/02/2017, 20:52 WIB
Reuters/Al Jazeera AD Turki mengizinkan personel perempuannya mengenakan hijab.

ISTANBUL, KOMPAS.com - Angkatan darat Turki mencabut larangan para perwira perempuan mengenakan hijab. Demikian dikabarkan kantor berita Anadolu, Rabu (22/2/2017).

Langkah yang diambil kementerian pertahanan ini akan diterapkan bagi para personel perempun yang bertugas di markas komando dan staf umum militer.

Personel perempuan boleh mengenakan hijab di bawah topi atau baret mereka selama warna hijab itu senada dengan seragam dan tidak menutupi wajah.

Reformasi ini akan diterapkan begitu diumumkan dalam lembaran negara. Sejauh ini belum diketahui apakah hijab juga bisa dikenalan personel perempuan yang menjalankan fungsi tempur.

Partai Keadilan dan Pembangunan (AKP) yang salah satu pendirinya adalah Presiden Reep Tayyip Erdogan sudah lama mengusukan pencabutan larangan perempuan mengenakan hijab.

Pada 2010, pemerintah Turki mencabut larangan mahasiswi mengenakan hijab di kampus. Kemudian, mahasiswi diperkenankan mengenakan hijab di institusi pemerintah pada 2013 dan di SMA pada 2014.

Dan sebelum keputusan untuk personel angkatan darat, para polisi perempuan sudah terlebih dahulu diperkenankan mengenakan hijab sebagai bagian dari seragam mereka.


EditorErvan Hardoko
SumberAFP
Komentar

Terkini Lainnya


Close Ads X
Close [X]
Radio Live Streaming
Sonora FM • Motion FM • Smart FM