Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Turki Tangkap 35 Militan ISIS di 41 Lokasi di Istanbul

Kompas.com - 22/02/2017, 15:23 WIB

ANKARA, KOMPAS.com – Aparat keamanan Turki menangkap 35 orang yang diduga sebagai anggota kelompok Negara Islam di Irak dan Suriah (ISIS) dalam sebuah operasi di Istanbul, kota di Selat Bosporus.

Kantor berita Reuters, Rabu (22/2/2017), melaporkan, polisi melakukan penggerebekan serempak di 41 lokasi dan menangkap 35 terduga anggota ISIS dan menyita sejumlah dokumen terkait dengan gerakan para militan.

Pemerintah Turki telah menuding ISIS sebagai dalang serangan bom dan penembakan, yang umumnya juga diakui ISIS, yang terjadi di belasan tempat dengan menarget warga sipil di Turki dalam 18 bulan terakhir.

Berangkat dari berbagai insiden tersebut, aparat keamanan Turki pun menggeledah berbagai tempat yang diduga sebagai persembunyian anggota kelompok teroris paling berbahaya itu.

Tiga puluh sembilan orang, umumnya warga asing, terlibat dalam serangan di kelab malam Reina di Istanbul pada malam Tahun Baru 2017.

Kelompok ISIS mengaku bertanggung jawab atas serangan pada malam Tahun Baru itu, yang membuat Ankara geram dan melakukan aksi militer hingga saat ini di Suriah utara untuk menyerang ISIS.

Turki, anggota Pakta Pertahanan Atlantik Utara (NATO), terlibat dalam serangan udara koalisi asing yang dipimpin Amerika Serikat untuk memerangi ISIS.

Namun, sejak awal Januari 2017 menyusul serangan di kelam malam Reina, pasukan Turki juga melakukan serangan darat dengan menyeberang ke wilayah Suriah.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com