Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

"Saya Lihat Bola Api Raksasa Saat Pesawat Menghantam Gedung"

Kompas.com - 21/02/2017, 08:23 WIB

MELBOURNE, KOMPAS.com - Seorang pengemudi taksi di Kota Melbourne mengaku melihat langsung peristiwa jatuhnya pesawat ringan dengan lima orang di dalamnya, Selasa pagi (21/2/2017). 

Sopir taksi bernama Jason yang dihubungi oleh jaringan radio ABC Australia itu menyebut, muncul bola api raksasa sesaat setelah pesawat menghantam tembok. 

"Saya melihat pesawat itu, ketika menghantam gedung muncul bola api raksasa," ungkap Jason.

"Saya bahkan bisa merasakan panas yang merambat hingga ke dalam mobil. Lalu ada sebuah roda, nampaknya roda pesawat, lepas dan memantul di jalan dan menghantam bagian depan taksi saat kami berkendara."

Sementara itu, Superintenden dari Kepolisian Victoria Mick Frewen mengatakan, penyelidikan berpusat pada kegagalan mesin yang mengakibatkan kecelakaan. 

"Pesawat itu masih sempat mengeluarkan panggilan darurat sebelum jatuh," ungkap Frewen.

Jalan utama di jalur bebas hambatan yang berada di sepanjang bandara Essendon ditutup agar puing-puing sisa kecelakaan bisa dibersihkan. 

Seperti diberitakan sebelumnya, pesawat ringan itu jatuh di sebuah pusat perbelanjaan di utara Kota Melbourne.

Pesawat Beechcraft itu menyimpang dan jatuh di pusat perbelanjaan yang belum buka, yang berada di dekat lapangan udara Essendon.

"Terlalu dini untuk mengungkapkan tentang korban jiwa dalam kecelakaan ini," ungkap Menteri Kepolisian Lisa Neville kepada wartawan.

"Tapi, kelihatannya ini menjadi kecelakaan yang sangat, sangat tragis, yang pernah terjadi di luar sana," sambung dia.

Neville sempat mengonfirmasi bahwa ada lima orang di dalam pesawat carteran yang seharusnya terbang dari Essendon, di utara Melbourne, menuju King Island.

Updated: Pesawat Jatuh Hantam Mal, Seluruh Penumpang Tewas

King Island berada sejauh 55 menit penerbangan ke arah selatan.

Rekaman video yang disiarkan jaringan televisi setempat memperlihatkan puing-puing pesawat yang terbakar, dan kerusakan besar di areal mal, serta bangunan yang berdekatan dengan lokasi.

"Kelihatannya ini pesawat ringan, yang biasa disewa, jatuh menghantam DFO (Direct Factory Outlet) di Essendon Fields," kata Neville.

Baca: Pesawat Jatuh Hantam Mal di Melbourne, Asap Hitam Mengepul

 

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com