Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sisi Barat Mosul Dipertahankan 2.000 Anggota ISIS

Kompas.com - 20/02/2017, 19:27 WIB

BAGHDAD, KOMPAS.com - Sebanyak 2.000 prajurit ISIS diperkirakan berada di sisi barat kota Mosul untuk mempertahankan tempat itu dari serbuan pasukan Irak.

"Tersisa sekitar 2.000 orang (prajurit ISIS)," ujar seorang perwira intelijen AS yang tak mau disebutkan namanya, Senin (20/2/2017).

Sebelum Irak menggelar operasi militer untuk merebut Mosul pada 17 Oktober lalu, intelijen AS menyebut kota terbesar kedua di Irak itu dipertahankan antara 5.000-7.000 orang anggota ISIS.

Pasukan koalisi tidak memberikan angka pasti jumlah anggota ISIS tetapi hanya mengatakan operasi militer selama empat bulan telah mengakibatkan banyak korban di pihak ISIS.

Puluhan ribu personel AD Irak didukung bantuan udara koalisi terlibat dalam operasi militer untuk merebut kembali wilayahnya yang direbut ISIS.

Namun, para komandan dan pakar pertahanan memperkirakan pertempuran untuk merebut sisi barat kota Mosul akan sangat sulit dan brutal.

Sisi barat kota Mosul sangat padat penduduk, memiliki banyak jalan sempit yang tak bisa dilalui kendaraan militer, serta populasi warga yang kemungkinan besar lebih mendukung ISIS.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber AFP
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com