Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Uang Rp 1 Miliar yang Hilang 30 Tahun Dikembalikan ke Pemiliknya

Kompas.com - 19/02/2017, 14:49 WIB

OTTAWA, KOMPAS.com — Sekitar 30 tahun lalu, seorang pria menyimpan uang sebesar 100.000 dollar Kanada atau sekitar Rp 1 miliar di dalam televisinya.

Entah bagaimana, pria yang kini berusia 68 tahun itu lupa menyimpan uang yang cukup banyak di dalam televisinya.

Tiga dekade berselang, seorang pekerja di sebuah pabrik daur ulang Global Electric Electronic Processing (GEEP) menemukan sejumlah uang di dalam sebuah televisi pada 13 Januari lalu.

Pekerja di pabrik yang berlokasi di Barrie, Ontario, menemukan uang itu saat membuka pesawat televisi usang tersebut.

Dengan sukarela, pekerja pabrik itu melaporkan temuannya kepada sang atasan dan kemudian menyerahkan uang itu kepada polisi.

"Sangat mengejutkan betapa ringkasnya uang 100.000 dollar Kanada pada dekade 1950-an," kata Wakil Presiden Operasional GEEP Lew Coffin.

Kepolisian kemudian mencoba mencari pemilik uang itu dengan melacak catatan bank mulai 1985. Akhirnya, uang itu bisa dikembalikan ke pemiliknya.

Kepolisian kemudian mengantarkan uang itu ke pemiliknya, warga Bolsover, sebuah desa berpenduduk 400 orang di kawasan Kawartha Lakes, Ontario.

Demi alasan keamanan dan privasi pemilik uang itu, polisi tidak menyebutkan identitas pemilik uang tersebut.

"Ini adalah situasi yang unik ketika sejumlah besar uang hilang, tetapi tak seorang pun yang menyadari bahwa uang itu hilang," kata Nicole Rodgers dari kepolisian Barrie.

"Dia bahkan tak menyadari bahwa polisi yang datang ke rumahnya membawa uang miliknya. Dalam benaknya, uang itu masih di dalam rumahnya," tambah Nicole.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com